Headlines
Published On:Sabtu, 26 Februari 2011
Posted by Unknown

Ngarai Sianok Objek Wisata Terbaik Sumbar 2007

Panorama Ngarai Sianok di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Sumbar dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007.
Ngarai Sianok pantas menjadi yang terbaik, karena pengelola, pelaku dunia wisata, dan pemerintah daerah setempat cepat melakukan pembenahan pascaruntuhnya tebing-tebing ngarai oleh gempa, sehingga kini kembali menawan dan menjadi daya tarik panorama alam yang alami, kata Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi di Padang, Jumat (28/12).
Hal itu disampaikannya, menanggapi terpilihnya Panorama Ngarai Sianok sebagai Objek Wisata Terbaik di Sumbar pada penganugerahan Padang Tourism Award (PTA) 2007 di Padang, Kamis (27/12) malam.
PTA digelar untuk kedua kalinya atas kerja sama Forum Wartawan Pariwisata Sumbar (FWPSB), Asita Sumbar, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, serta Dinas Pariwisata Seni dan Sumbar.
Selain objek wisata terbaik, penganugerahan PTA-2007 juga diberikan bagi hotel kelas bintang terbaik, hotel kelas melati terbaik, biro perjalanan wisata terbaik, restoran terbaik, spa terbaik, toko/pusat souvenir terbaik, dan tokoh pariwisata terbaik.
Terpilihnya Ngarai Sianok sebagai objek wisata terbaik cukup mengejutkan, karena sebelumnya kawasan itu ditimpa bencana menyebabkan banyak tebing-tebingnya yang runtuh pascagempa tektonik 6,4 SR, pada 6 Maret 2007.
Ngarai Sianok berhasil mengalahkan objek wisata Pantai Padang, kawasan wisata tambang di Sawahlunto, Pantai Carocok di Pesisir Selatan, Embun Pagi di Agam, Danau Kembar di Kabupaten Solok, Lembah Harau di 50 Kota dan Anai Resort di Padang Pariaman.
Terpilihnya Ngarai Sianok, berdasarkan kuisioner yang dibagikan panitia kepada para wisatawan nusantara dan mancanegara serta penilaian dewan juri indenpenden yang ditunjuk FWPSB selaku penyelenggara PTA 2007.
Ngarai Sianok dan pengelolanya dinilai mampu menyajikan, melayani, mempromosikan dan mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya di objek wisata alam tersebut.
Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah.
Ngarai ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Patahan-patahan ngarai membentuk dinding yang curam, bahkan ada yang tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau, hasil gerakan turunnya kulit bumi (sinklinal) di masa lalu.
Di bawah ngarai mengalir Sungai Batang Sianok berair jernih dan terdapat hamparan persawahan menghijau dan perkebunan rakyat di antara dua ngarai.
Keindahan pesona alam, Ngarai Sianok membuat daerah ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara sehingga menjadi salah satu andalan Sumbar dan Indonesia di sektor pariwisata. (Ant/OL-03)


sumber : http://batunanlimo.blogspot.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Ngarai Sianok Objek Wisata Terbaik Sumbar 2007
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Ngarai Sianok Objek Wisata Terbaik Sumbar 2007


About the Author

Posted by Unknown on Sabtu, Februari 26, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Sabtu, Februari 26, 2011. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Ngarai Sianok Objek Wisata Terbaik Sumbar 2007"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter