Headlines
Published On:Sabtu, 26 Februari 2011
Posted by Unknown

Minang Fantasy, Icon Pariwisata Padang Panjang


Minang Fantasy
Minang Fantasy
Objek Wisata Minang Fantasy merupakan ikon pariwisata Kota Padang Panjang saat ini. Objek yang diklaim sebagai yang terbesar, terlengkap dan termodern di Sumatera ini merupakan kawasan rekreasi keluarga yang sangat menarik. Mifan Waterpark terdiri dari dua jenis taman yaitu Waterpark dengan wahana Kolam Ombak, Kolam Arus, Kolam Renang Khusus Wanita, Ember Tumpah, Slide Tower dan Kiddy Pool serta Drypark dengan fasilitas Bumper Boat, Bom-Bom Car, Ferris Whell, Mini Roller Coaster, Jump Arround, Piring Terbang UFO, Carrousel. Disamping sebagai kawasan bermain, Mifanjuga dilengkapi dengan Cottage, Panggung Musik, Camping dan Outbound Ground, Mushalla, Restaurant, Snack Counter, dan lain-lain.
Kebersamaan di Minang Fantasy
Kebersamaan di Minang Fantasy
Walaupun harga tiket masuk cukup mahal untuk ukuran ekonomi rata-rata orang Sumatera Barat yaitu Rp.35.000/kepala, namun setiap hari Minang Fantasyselalu ramai pengunjung, terlebih pada hari libur. Pada lebaran idul fitri 1429 H yang lalu harga tiket masuk Minang Fantasy sebesar Rp.50.000. Tetapi walaupun mahal pengunjung tetap sangat ramai dan hampir memadati seluruh area Minang Fantasy. Disamping rekreasi pemandian dan sarana hiburan anak-anak, di lokasi Mifan juga terdapat perkampungan minang. Berbagai bangunan khas dari beberapa daerah Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat juga ada disana. Sambil berekreasi pengunjung bisa lebih mengenal budaya MinangKabau dan beberapa daerah sekitarnya.
Kawasan tersebut yang sebelumnya dikenal dengan sebutan perkampungan Minang atau Minang Village. Karena pada akhie tahun 80-an pemerintah Kota Administratif Padang Panjang waktu itu memohon kepada sekitar 40 orang tokoh adat, tokoh ulama, tokokh masyarat dan tokoh pemuda Silaiang Bawah untuk dapat mengelola tanah milik kaum/adat dilokasi tersebut untuk dijadikan perkampungan Minang atau lebih dikenal dengan nama Minang Village sebagai salah satu upaya untuk melestarikan Budaya Minang Kabau. Peresmian Minang Village dilakukan pada bulan Desember 1990. Sebagai feedback dari Pemerintah Daerah, beberapa tokoh masyarakat didaerah tersebut telah diangkat jadi pegawai negeri di jajaran PEMDA Padang Panjang.
Seiring berjalannya waktu dan kurangnya pengelolaan mengakibatkan Minang Village sepi dari pengunjung. maka timbullah keinginan untuk mencari investor yang dapat mengelola lokasi tersebut agar lebih besar manfaat terutama untuk dijadikan sumber income perkapita Pemda Kota Padang Panjang.
Setelah lama mengalami kebuntuan munculah seorang Investor yang sangat diimpikan oleh Pemda Kota Padang Panjang yang bisa sesuai dengan aspirasi masyarakat. Beliau adalah putra Asli Minang Asal Kota Bukittinggi yang bernama H. Nelson. Pemilik PD. Dagang Penyalur yang merupakan distributor dan Suplayer bahan bangunan terbesar di Kota Bukittinggi, Pemilik Niagara Swalayan dan Niagara Fantasy Bukittinggi. Agen tunggal genteng Multi Roof. Sebagai seorang investor di lokasi tersebut H. Nelson membangun pusat pemandian Water Boom dengan tidak mengganggu bangunan adat yang sudah ada yang bernama Minang Village. Tetapi secara keseluruhan lokasi wisata dan rekreasi tersebut sekarang diberi nama Minang Fantasy atau lebih dikenal dengan singkatanMifan.
H.Nelson tidak melupakan aspirasi dan keinginan masyarakat setempat, dimana dengan dibangunnya Mifan telah menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Dan untuk penerimaan tenaga kerja diutamakan menerima warga asal daerah sekitar lokasi, sehingga di daerah tersebut sekarang tidak ada lagi pengangguran. Keberadaan Minang Fantasydi Silaing Bawah Padang Panjang menjadi aset wisata yang tidak ternilai dan sumber incam yang besar bagi Sumatera Barat pada umumnya, dan Pemerintah Kota Padang Panjang khususnya, serta menjadi kebanggaan masyarakat MinangKabau.
Berikut beberapa wahana/fasilitas yang terdapat di Minang Fantasy:
Mini Train
Mini Train
Merry Go Round
Merry Go Round
Ferris Weel
Ferris Weel
Bombom Car
Bombom Car
PIRING TERBANG
PIRING TERBANG
JUMP AROUND
JUMP AROUND
MINI JETCOSTER
MINI JETCOSTER
OUT BOND
OUT BOND
MINI GOKART


sumber : http://batunanlimo.blogspot.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Minang Fantasy, Icon Pariwisata Padang Panjang
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Minang Fantasy, Icon Pariwisata Padang Panjang


About the Author

Posted by Unknown on Sabtu, Februari 26, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Sabtu, Februari 26, 2011. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Minang Fantasy, Icon Pariwisata Padang Panjang"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter