Headlines
Published On:Rabu, 04 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Katupek Gulai Paku

katupek gulai paku 300x225 Katupek Gulai PakuKatupek Gulai Paku merupakan lontong khas Sumatera Barat.  Ketupat ini dicampur dengan sayur paku/pakis. Rasanya sepet asam agak pedas. Bahan makanan ini adalah dasar daun pakis (paku), dengan bumbu santan, laos (lengkuas), cabe rawit hijau, asam kandis, dan kunyit. Banyak masyarakat menyantapnya untuk sarapan.
Lontong padang hanya dijual pada waktu pagi hari saja, karena biasanya lontong adalah makanan sarapan pagi bagi orang-orang di Sumatera Barat sana (seperti coto Makassar bagi orang di Makassar). Lontong padang adalah ketupat atau lontong yang dimakan dengan gulai sayur. Sayur yang banyak digulai adalah cubadak alias nangka, kacang panjang, atau buncis. Saya sudah mencoba berbagai lontong padang yang dijual di tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Rasanya average -lah, biasa-biasa saja.
Lontong padang yang enak adalah katupek gulai paku atau ketupat dengan sayur pakis. Pakis atau paku adalah tumbuhan liar yang hidup di hutan, tetapi sekarang sudah bisa dibudidayakan. Batangnya melengkung di ujung dan daunnya kecil-kecil. Paling enak pakis ini digulai hijau. Warna hijau pada gulainya ditimbulkan oleh zat klorofil pada daun dan batang pakis. Rasa gulainya sepet-sepet asem pedas. Sayur pakis dimasak dengan santan yang sudah dibubuhi bumbu dasar (bawang merah, lengkuas, jahe, sedikit kunyit, sereh). Rasa pedas diperoleh dengan menambahkan cabe hijau, sedangkan rasa asem diperoleh dengan memasukkan asam kandis. Asam kandis adalah asam khas Sumatera. Supaya lebih enak, ke dalam gulai paku juga dimasukkan ikan teri.


Sumber   :  Http://hutantropis.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Katupek Gulai Paku
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Katupek Gulai Paku


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter