Headlines
Published On:Rabu, 04 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Samba lado tanak


samblado tanak1 225x300 Samba Lado TanakJalan-jalan ke sumatera barat, rasanya tidak akan sempurna kalau tidak menikmati hidangan kulinernya. salah satu hidangan kuliner khas sumatera barat yang jarang kita dapatkan di rumah makan padang adalah sambalado tanak.
Samba lado tanak adalah sambal masakan khas masyarakat Nagari Sungai Jambu, di pinggang Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar (sekitar 700 m dari permukaaan laut).
Penduduk di nagari ini jika makan sangat mementingkan adanya samba lado (sambal) karena suhu di tempat ini sangat dingin. Karena kebiasaan ini, penduduk di nagari-nagari sekitarnya menamakan masyarakat Sungai Jambu dengan sebutan “Sungai Jambu Gadang Lado” (Sungai Jambu besar sambal).
Masyarakat Nagari Sungai Jambu sangat pandai membuat berbagai jenis samba lado, dan salah satunya adalah samba lado tanak. Samba lado tanak diolah dari bahan-bahan cabe yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai/jengkol, telur yang sudah di rebus dan ditambah rempah-rempah lainnya, kemudian semua bahan-bahan tersebut dimasak dalam kuali dengan api dari bahan bakar kayu.
Setiap makan dengan sambalado tanak ini saya selalu ingat dengan nenek. beliau adalah koki yang paling top dalam membuat sambalado tanak, ciri khas nenek memasak sambalado ini adalah diatas tungku, sehingga aroma asap kayu masuk ke dalam sambal. kapanpun kami minta di buatkan oleh kami para cucunya, beliau selalu siap membuatkan. ciri khas sambalado nenek adalah cabenya yang banyak serta santannya yang kental, sehingga mendatangkan rasa pedas yang nikmat.  kalau tidak malu mungkin satu kuali habis  untuk saya seorang.
ketika pulang kampung pun yang pertama sekali saya pesankan ke nenek adalah minta dibuatkan  sambalado tanak. sayang sekarang nenek saya sudah tiada. tapi alhamdulillah saya tidak kehilangan kenikmatan rasa dari sambalado tanak ini. karena kelezatan sambalado tanak istri saya meski tidak selezat masakan nenek, akan tetapi tidak kalah dengan sambalado tanak yang di jual di luar. kekurangan sambalado tanak istri adalah cara masaknya yang beda, kalau nenek saya masaknya di atas tungku kayu, maka isteri masak di atas kompor.


sumber  ;   http://hutantropis.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Samba lado tanak
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Samba lado tanak


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter