Headlines
Published On:Sabtu, 21 Januari 2012
Posted by Unknown

Goreang Jariang Nikmat dan Kamek

Tak lengkap rasanya jika menu satu ini tidak hadir sebagai menu pendamping pada waktu makan.Bahkan hampir setiap rumah makan yang menyediakan masakan minang menyajikannya sebagai salah satu menu andalan yang disukai banyak konsumen.Selain rasanya yang "kamek" dan baunya yang khas, menu goreang jariang (Jengkol) mampu membuat penyukanya menjadi ketagihan.

"Dak lengkap kalau dak ado menu ko, iko palamak makan mah,"ujar Sadin, saat ditemui koran ini disebuah rumah makan di kawasan, Gor H.Agus Salim Padang.

Dikatakan pengusaha distro, sejak kecil dirinya memang menyukai menu yang telah turun temurun itu. Tidak hanya digoreng, bapak dengan tiga anak ini juga menyukai olahan lain dari jengkol seperti kalio jariang atau kerupuknya.

Meski dapat menimbulkan efek negatif seperti bau mulut tak sedap dan dan efek pada ginjal, namun tetap saja dirinya selalu meminta menu tersebut dihidangkan saat tengah makan di rumah makan atau restoran padang.

Hal senada juga diakui Ros (34). Ibu rumah tangga ini bahkan memiliki trik tersendiri agar dapat terhindar dari bau mulut usai mengkonsumsi menu goreang jariang yakni dengan memakan menu berserat sebagai manakan penutup. Seperti mengkonsumsi buah-buahan.

Selain itu, jelasnya untuk mengurangi efek negatif pada kesehatan jika mengkonsumsi menu ini berlebihan. Sebelum dimasak, jengkol terlebih dahulu direbus dengan banyak air sampai kulit mengelupas. Setelah ditiriskan, bahan ini kemudian di rebus lagi dengan dibubuhi sedikit garam dan sedikit kapur. Jengkol kemudian dikeprek sampai agak pecah-pecah, lalu goreng dengan minyak yang sedang panasnya.(*) 

Sumber: http://padang-today.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Goreang Jariang Nikmat dan Kamek
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Goreang Jariang Nikmat dan Kamek


About the Author

Posted by Unknown on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Goreang Jariang Nikmat dan Kamek"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter