Headlines
Published On:Selasa, 03 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Buru Babi

Buru Babi ?? ayao lariiiii, ada orang mau buru babi. (diunduh dari Google)
Buru Babi ?? ayao lariiiii, ada orang mau buru babi. (diunduh dari Google)

Babi adalah sejenis binatang yang dalam agama Islam dilarang memakan dagingnya (Al Quran surat Al Maidah ayat 3 dan surat Al An’am ayat 145). Hingga tidaklah halal suatu makanan untuk dimakan bila mengandung komponen binatang babi. Aturan ini telah menimbulkan beberapa waktu lalu dengan kasus Ajinomoto dan terakhir kasus ditemukannya elemen babi pada vaksin Meningitis untuk jemaah haji.Dalam Islam Babi juga dianggap sebagai najis jika disentuh.
Babi juga diharamkan untuk dikonsumsi oleh agama Yahudi dan Gereja Masehi Advent hari ketujuh dalam agama Kristen
Namun komunitas agama lain membolehkan daging babi untuk dimakan, hingga babi dijadikan hewan ternak yang dikembangkan seperti  ternak sapi, kerbau atau kuda. Babi banyak dikonsumsi orang Eropah dan Tionghoa, Beberapa suku bangsa di Indonesia selain suku  Tionghoa - Indonesia juga suka mengkonsumsi babi yaitu suku  Bali, Batak dan Manado.
Disamping ketidak bermanfaatan babi seperti tinjauan diatas, hewan babi juga merupakan hama bagi tanaman, sehingga sering meresahkan bagi masyarakt petani. Makanya dibeberapa daerah Babi dijadikan sebagai binatang buruan hingga memunculkan olah raga buru babi.

Pembukaan buru babi di Gor Bukit Gombak Kab. Tanah Datar oleh Menteri Kehutanan saat itu MS. Ka'ban (diunduh dari Google)
Pembukaan buru babi di Gor Bukit Gombak Kab. Tanah Datar oleh Menteri Kehutanan saat itu MS. Ka'ban (diunduh dari Google)

Buru babi umumnya dilakukan di daerah hutan atau bersemak-semak. Diikuti oleh banyak orang, lebih dari 10 orang. Olah Raga Buru Babi seperti halnya olah raga lain mempunyai rule of the games. Umumnya dilakukan sekali seminggu, biasanya hari Minggu.

Pemburu dan anjingnya naik mobil cigak-baruak (sejenis angkutan pedesaan di Sumbar)
Pemburu dan anjingnya naik mobil cigak-baruak (sejenis angkutan pedesaan di Sumbar)

Beda olahraga Buru Babi dengan olah raga lain adalah kalau olah raga lain ada pemenang, di olah raga Buru Babi tak ada pemenangnya. Keberhasilan olah raga ini ditentukan oleh bayaknya babi yang dapat ditangkap atau dibunuh.
Ada beberapa alat yang digunakan dalam buru babi ini, yaitu anjing, yang bertugas memburu babi yang telah diarahkan untuk menuju suatu lokasi. Anjing ini baru dilepaskan bila babi yang mernjadi target telah menbuju sasaran yang ditetapkan.

Dua ekor anjing peburu, bercengkerama menjelang perburuan dimulai (diunduh dari Google)
Dua ekor anjing peburu, bercengkerama menjelang perburuan dimulai (diunduh dari Google)

Adalah suatu kenikmatan bagi Pemilik Anjing melihat anjing kesayangannya sampai duluan mendapatkan babi yang sudah dikepung.
Buru Babi juga ada yang menggunakan senapan. Senapan ini digunakan untuk menembak babi yang terlalu kuat bagi anjing-anjing yang dilepaskan.
Setelah lelah berburu, biasanya para pemburu akan istirahat makan siang bersama, dimana nasinya adalah nasi yang dibungkus dari Rumah. Namun sekarang sudah ada pula orang yang melihat buru babi sebagai peluang usaha untuk membuka warung nasi  pada setiap acara berburu babi, hingga pemburu  nggak lagi membungkus nasi dari rumah, cukup bawa uang aja untuk beli nasi.

Istirahat sejenak diarena perburuan (diunduh dari Google)
Istirahat sejenak diarena perburuan (diunduh dari Google)

Anjing sebagai pemburu mendapat perhatian khusus oleh pemiliknya, kadang seorang pemilik anjing lebih menyayangi anjingnya dari pada isteri atau anak-anaknya. Anjing-anjing ini setiap hari disediakan makanan khusus seperti telur, dimandikan dengan sabun khusus,  sedangkan anak dan isteri kadang hanya diberi makan yang kualitasnya jauh lebih buruk dari makann untuk anjing dan tak dibelikan sabun mandi (suatu dampak negatif dari olah raga buru babi, kadang bisa menyebabkan perceraian).

Seekor anjing peburu, kelihatan bersih dan terawat (diunduh dari Google) 
Seekor anjing peburu, kelihatan bersih dan terawat (diunduh dari Google)

Di Sumatera barat sekarang olah raga buru babi sudah dijadikan suatu ikon Pariwisata, yang baru-baru ini diresmikan oleh Gubernur Sumbar di Kabupaten Agam dalam suatu Buru Babi besar yang diikuti oleh sekitar 6.000 orang pemburu babi dari berbagia daerah.
Ada banyak hal menarik yang bisa diambil dari Olah raga Buru babi, tapi untuk kali ini saya cukupkan sampai disini dulu. Sampai jumpa, salam dan maaf.34rs
sumber  :    http://regional.kompasiana.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Buru Babi
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Buru Babi


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Selasa, Januari 03, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Selasa, Januari 03, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter