Headlines
Published On:Jumat, 20 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Bermacam Motif Songket Silungkang

 
Susun ragam hias songket dibagi sesuai dengan penempatan, yaitu pada kepala kain, kaki kain (bagian bawah kain) dan badan kain. Pada kepala kain biasanya dipakai motif pucuk rebung dan pada kaki kain dipakai motif pucuk rebung atau motif pinggir lainnya, pada badannya diisi dengan motif bunga tabur atau motif
beraturan.
Motif songket terdiri dari bentuk-bentuk geometri dan bentuk alam. Dari hasil teknik menenun, motif yang dilahirkan berbentuk geometri. Motif yang berasal dari alam berupa tumbuh-tumbuhan dan binatang serta bentuk benda alam lainnya. Bentuk tumbuh-tumbuhan meliputi bentuk bunga, daun, buah dan tampuk serta salur-saluran.




Untuk tenunan songket balapak hampir seluruh permukaan dipenuhi dengan hiasan benang emas atau perak, cara membuatnya benang emas atau perak dimasukan dari salah satu sisi kesisi yang lain silih berganti dengan benang dasar kemudian dimasukan kembali ke arah semula, tanpa memutus benang tersebut. Untuk membuat motif batabua yang disungkit hanya sesuai dengan desain motif yang rencanakan pada bidang kain.
Motif songket berdasarkan tehnik tambahan, yaitu dengan memasukan tambahan benang lain pada benang pakan ketika waktu proses menenun sedang berlansung. Motif Songket merupakan lambang yang mengandung nilai-nilai falsafah Minangkabau, yang berasaskan pada “Alam takambang jadi guru”. Berbagi nilai kehidupan yang merupakan amalan masyarakat tradisi Minangkabau dipaparkan dalam motifnya.


Ragam hias motif tenunan songket hampir sama dengan motif yang terdapat pada ukir , baik dari segi desain, penamaan dan falsafah yang dikandungnya. Perbedaannya terletak pada tehnik pembuatan, yang berpangaruh pada bentuk tenunan atau ukiran yang dihasilkan. Seni ukir memakai tehnik pahat sedangkan pada songket dengan tehnik tenun, hasil kedua-duanya jelas berbeda, karena pahatan menimbulkan kesan yang lebih luwes dan tenunan cendrung menghasilkan bentuk patah-patah mengikut silang tenun.


Motif tenunan maupun motif ukiran pada umumnya memiliki nama yang sama, namun ada beberapa motif yang sama tetapi nama yang berlainan, hal ini hanyalah merupakan kebiasaan pada suatu Nagari atau Luhak dan penamaan yang seperti ini tidak banyak jumlahnya. Nama-nama motif ukiran, seperti; motif pucuk rebung, itik pulang petang, bada mudiak, lapiah ampek, motif saik kalamai juga terdapat pada motif tenunan songket. 
Sumber   :      http://songketazipua.blogspot.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Bermacam Motif Songket Silungkang
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Bermacam Motif Songket Silungkang


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Bermacam Motif Songket Silungkang"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter