Headlines
Published On:Jumat, 20 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Sekilas Songket Sumatera Barat

BERKUNJUNG ke Sumatera Barat rugi kalau tak singgah mengunjungi songket. Lebih rugi lagi kalau tak membeli karena memiliki songket Sumatera Barat berarti mencintai budaya dan kain Indonesia. Songket memang cerminan budaya setempat.  Satu diantaranya songket  Sumatera Barat.
Ada dua daerah di Sumatra Barat yang dikenal sebagai penghasil tenunan songket yakni  Pandai Sikek di Kabupaten Tanah Datar dan Silungkang, Kota Sawahlunto. Foto :IstimewaFoto :IstimewaTenunan Silungkang mempunyai kelebihan pada motif dan ragamnya.  Kita mengenal,ada songket ikat, songket batabua, penuh, benang dua, dan songket selendang lebar. Keunikan itulah yang membuat songket Silungkang diminati pembeli dari Malaysia dan Singapura.
Dewasa ini pengrajin tenun Songket Silungkang tidak hanya memproduksi satu jenis songket tertentu, seperti sarung dan atau kain saja. Akan tetapi, sudah merambah ke produk jenis lain, seperti: gambar dinding, taplak meja, permadani bergambar, baju wanita, sprey, baju kursi, bantal permadani, selendang, serber, dan lainnya.
Foto :IstimewaFoto :IstimewaMotif ragam hias Songket Silungkang selain dibentuk dengan benang mas, juga dengan benang berwarna lainnya. Oleh sebab itu, terdapat dua macam kain songket yaitu kain songket dengan ragam hias yang dibentuk oleh benang mas dan   kain songket dengan ragam hias yang dibentuk bukan dari benang berwarna emas.
Kain songket yang motifnya dibuat dengan benang mas pemasarannya relatif terbatas karena harganya mahal dan pemakaiannya hanya pada saat ada peristiwa-peristiwa atau kegiatan-kegiatan tertentu, seperti: perkawinan, batagakgala (penobatan penghulu), dan penyambutan tamu-tamu penting.
Foto :IstimewaFoto :IstimewaSedangkan, kain songket jenis kedua yang motifnya tidak dibuat dengan benang mas adalah untuk memenuhi pasaran yang lebih luas karena jenis ini tidak hanya untuk busana tradisional, tetapi juga untuk bahan kemeja, selendang, taplak meja dan hiasan dinding.
Pembuatan tenun songket pada dasarnya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah menenun kain dasar dengan konstruksi tenunan rata atau polos. Tahap kedua adalah menenun bagian ragam hias yang merupakan bagian tambahan dari benang pakan.
Daerah-daerah pada awalnya dikenal sebagai pusat kerajinan songket dan ukiran adalah Pitalah, Pandai Sikek dan Sungayang untuk wilayah luhak (kabupaten) Tanah Datar; Koto Gadang untuk luhak Agam; Koto nan Ampek dan Kubang untuk wilayah luhak 50 Koto.
Daerah yang sampai saat ini dinyatakan produktif dalam kegiatan menyongket serta sekaligus dijadikan sebagai daerah pemangku budaya tradisional ini adalah Pandai Sikek, Silungkang dan Kubang.  Tertarik membeli songket? Yuk, ke Sumatera Barat?


sumber   :    http://www.tnol.co.id/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Sekilas Songket Sumatera Barat
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Sekilas Songket Sumatera Barat


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Sekilas Songket Sumatera Barat"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter