Headlines
Published On:Sabtu, 21 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

ASAL USUL PITALAH BUNGO TANJUANG



Nagari Pitalah membentang di kaki Bukit Barisan, di sepanjang mata air-mata air jernih beraroma segar. Udaranya sejuk, terkadang dingin menggigilkan tulang. Namun, yang paling dikenang orang dari Pitalah adalah ketupatnya, atau katupek dalam bahasa Minang. Katupek Pitalah terkenal sampai jauh, memiliki ribuan penggemar setia.
Setiap pagi, berember-ember gulai katupek pitalah yang kental dan wangi, dibawa dari Padang Panjang  ke berbagai daerah di Sumatra Barat, untuk diperjualbelikan. Di Pasaraya Kota Padang bahkan ada sebuah kedai Katupek Pitalah, yang meski nyaris tersuruk, namun selalu habis menjelang siang.
Tapi, soal katupek pitalah yang tak terlupakan itu, akan kita bicarakan lain waktu. Mari kita jenguk sejenak sejarah nagari ini menurut tambo.
Konon, pada masa dahulu, ketika lahan tempat tinggal semakin sesak oleh penduduk, diputuskan untuk mencari tempat hunian baru. Suatu saat, Tuan Gadang yang menjadi raja di Batipuah  pergi berjalan ke Danau Singkarak. Sesudah dari sana, ia sampai di sebuah tempat yang ditumbuhi bunga tanjung. Ia sangat kagum melihat bunga-bunga tanjung yang berukuran besar dan indah. Ia lalu meminta dayang-dayangnya mengambilkan sekuntum bunga.
Patahlah bungo tanjuang,” ujarnya yang berarti patahkanlah bunga tanjung. Dari kalimat raja tersebut akhirnya tempat itu dinamakan Pitalah Bungo Tanjuang.
Daerah ini sendiri terdiri dari dua nagari. Sebelah utara adalah Pitalah, sementara di selatannya terletak Bungo Tanjuang. Pembatas dua nagari ini adalah sebuah pasar yang disebut pasa sarikaik pitalah.
Lalu dimana bungo tanjuang yang menjadi ihwal mula nama tempat ini? Bunga yang tumbuh berumpun itu masih ditemukan hingga tahun 2007. Namun, sayang karena bunga ini tumbuh di tepi jalan, dan batangnya sudah lapuk sehingga dianggap membahayakan, maka penduduk memutuskan menebangnya. Memang sangat disayangkan, padahal itulan satu-satunya bunga tanjung yang tumbuh di Nagari Pitalah Bungo Tanjuang. Bibit bunga yang keharumannya bisa tercium dari jarak 5 meter ini pun tidak ada.


Gambar-gambar dari Pitalah Bungo Tanjuang

Sumber  :   http://limpapeh.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: ASAL USUL PITALAH BUNGO TANJUANG
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: ASAL USUL PITALAH BUNGO TANJUANG


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "ASAL USUL PITALAH BUNGO TANJUANG"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter