Headlines
Published On:Senin, 19 Desember 2011
Posted by Unknown

Masjid Lubuk Bauk


1. Sejarah pembangunan
Di sebuah kecamatan di Batusangkar, Sumatera Barat, terdapat sebuah masjid indah yang diperkirakan telah berusia lebih dari satu abad. Tahun pasti berdirinya tidak diketahui, namun diperkirakan sekitar akhir abad ke-19, atau paling lambat awal abad ke-20. Tempat dibangunnya masjid ini bernama Lubuk Bauk, oleh sebab itu pula, masjid ini dinamakan Masjid Lubuk Bauk. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Surau Nagari Lubuk Bauk. Masjid atau surau ini merupakan bagian dari situs budaya yang masih berdiri kokoh di Sumatera Barat. Warna coklat tua pada dinding masjid dan atap seng yang sudah berkarat semakin menambah kesan ketuaan masjid ini. Seluruh bagian masjid menunjukkan warna alami kayu konstruksi, kecuali pada dinding kayu di bawah atap runcing mahkota, terdapat dekorasi khas Minang yang didominasi warna hitam, merah tua dan kuning. 
2. Lokasi
Sebagaimana telah disebutkan di atas, masjid ini berada di Lubuk Bauk, Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia.
3. Luas
Dalam proses pengumpulan data
4. Arsitektur
Arsitektur masjid ini sangat unik, bahkan terkesan spektakuler. Nuansa asli Sumatera Barat sangat kental dan jelas, oleh sebab itu, ada yang menggolongkan arsitektur masjid ini beraliran vernacular. Corak, bentuk, konstruksi, bahan dan dekorasi menunjukkan tradisi setempat. Dalam tataran tertentu, arsitektur masjid ini merupakan simbol dari simbiosis yang harmonis, antara konsep masjid yang berasal dari luar Minang, dengan penggunaan arsitektur yang memanfaatkan seni bina masyarakat lokal.
Nuansa lokal sudah tampak jelas pada bagian luar masjid. Di halamannya, sebagaimana pada masjid lainnya di Sumatera Barat, terdapat sebuah kolam yang memiliki berbagai fungsi, di antaranya sebagai tempat berwudu, memelihara ikan, menyejukkan lingkungan dan berbagai kegiatan sosial. Dalam bahasa setempat, kolam yang memiliki fungsi seperti ini disebut luhak.
Denah masjid berbentuk bujur sangkar, terdiri dari tiga lantai: kolong, lantai satu dan dua. Jika kolong tidak dianggap sebagai bagian dari tingkatan lantai, maka masjid ini sebenarnya hanya memiliki dua lantai. Sebab keberadaan kolong merupakan konsekuensi logis dari konstruksi bangunan tradisional di Sumatera Barat –dan juga beberapa daerah lainnya di kawasan Melayu—yang menggunakan tiang (tongkat). Lantai satu masjid digunakan untuk sembahyang, sedangkan lantai dua untuk surau.
Bahan konstruksi masjid dari kayu, karena bahan ini memang banyak tersedia di daerah itu pada masa dulu, dan atapnya dari seng. Konstruksi atap masjid sangat tinggi dan berkemiringan sangat tajam, ciri khas arsitektur Minang. Atap tersebut bertingkat empat, semakin ke atas semakin kecil. Atap lapisan pertama (lantai satu) dan lapisan kedua (lantai dua) berbentuk piramidal, sedangkan lapisan ketiga berbentuk mahkota, menyilang keempat arah dengan kemiringan yang sangat tajam. Bentuk ujung setiap silangan atap meninggi dan semakin meruncing pada ujung-ujungnya. Lagi-lagi, menunjukkan ciri khas Minangnya. Antara lapisan atap pertama dan kedua terdapat balustrade, sehingga kedua lapisan atap tidak menyatu.
Sedangkan lapisan atap paling atas adalah elemen serupa gardu, berdenah segi delapan dengan jendela kaca pada setiap sisi-sisinya. Karena berbentuk segi delapan, maka atapnya dibentuk seperti piramid, pada pucuknya dihiasi cunduk yang tinggi dan indah, dihiasi lempengan-lempengan seng, bola dan kelopak daun mirip padmanba (lotus) pada bangunan Hindu. Unit yang berbentuk gardu ini berfungsi sekaligus sebagai menara. Saat ini, di salah satu sisinya diletakkan alat pengeras suara, sehingga suara azan maupun pengajian bisa terdengar dari kejauhan. Untuk naik ke ‘menara‘ ini, terdapat tangga spiral di dalam masjid.    
5. Perencana
Tidak diketahu siapa perencana atau arsitek masjid ini. Data dari sejarah lisan mungkin bisa mengungkap siapa perencananya, namun data sejarah lisan tersebut juga belum diungkap.
6. Renovasi
Belum didapat data yang lengkap mengenai proses renovasi yang pernah dilakukan di masjid ini. Hanya saja, tangga masjid yang terbuat dari semen dan pagar yang bertiang semen dan berjeruji besi tampaknya elemen baru yang ditambahkan, ataupun menggantikan elemen lama yang sudah lapuk. Dari situ, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya masjid ini pernah direnovasi.
Sumber:
  1. Yulianto Sumalyo. 2006. Arsitektur Mesjid dan Monumen Sejarah Muslim. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  2. West-Sumatera.com
Kredit foto : www.west-sumatra.com


Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Masjid Lubuk Bauk
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Masjid Lubuk Bauk


About the Author

Posted by Unknown on Senin, Desember 19, 2011. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Senin, Desember 19, 2011. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter