Headlines
Published On:Kamis, 29 Desember 2011
Posted by AchiyaK Deni

PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH


pemandian air panas sungai janiah 1 300x225 Pemandian Air Panas Sungai Janiah Sebagai daerah yang memiliki banyak gunung. Tak heran kalau Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat-tempat pemandian air panas. Sepanjang yang saya ketahui dan yang pernah saya kunjungi, daerah-daerah yang memiliki pemandian air panas adalah di tepi Danau Maninjau, di Batu Sangkar, di Solok Selatan, serta di Kabupaten Solok. Kabupaten Solok memiliki dua tempat pemandian air panas yaitu



PEMANDIAN AIR PANAS BUKIK KILI  dan PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH.
Salah satu tempat pemandian air panas yang cukup berkesan bagi saya adalah pemandian air panas sungai janiah di desa aia angek kabupaten Solok. pemandian ini memiliki dua kolam mandi. Satu dimiliki masyarakat, dan yang satu lagi di kelola oleh pribadi. Pemandian yang dikelola oleh masyarakat menyerupai tempat – tempat pemandian di desa pada umumnya, yaitu pakai pancuran. Selain pancuran, pemandian ini juga sudah di kolamkan. Sedangkan pemandian yang kedua berbentuk kolam renang. Selain itu juga ada tempat mandinya yang dipisah antara laki-laki dan perempuan.
Di pemandian yang memiliki kolam renang, agar tidak terlalu panas, maka airn kolamnya dicampur dengan air dingin. Sehingga kulit tidak terlalu terkejut ketika masuk kolam ini. Untuk yang lebih panasnya oleh pemilik kolam renang disediakan pancuran di tepi kolam.
Untuk mencapai daerah ini, dari Kota Padang sebelum masuk daerah Kota Solok, di desa yang bernama Aro Talang ada Simpang Tiga.  masuk ke simpang tersebut sebelah kanan dan berjalan dengan mobil sejauh sekitar 10 km.  Setibanya di desa aia angek, kita bisa lihat dua tempat pemandian umum.
Masyarakat disana mandi pada malam hari dan pagi hari sebelum subuh. Sebab pada siang hari air akan terasa sangat panas. Sementara kalau malam hari udara yang dingin akan mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh uap air.
Jadi kalau anda berminat untuk mandi di Pemandian Air Panas ini, sebaiknya pergi sore hari dari Padang. Sesampainya di sana hari sudah malam, dan anda bisa langsung mandi.



sumer : http://hutantropis.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Kamis, Desember 29, 2011. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Kamis, Desember 29, 2011. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter