Headlines
Published On:Kamis, 02 Juni 2011
Posted by AchiyaK Deni

Objek Wisata Di West Sumatra

1. Danau Singkarak
Merupakan danau yang  terbesar di Sumatera Barat  dengan panjang 21 km yang  terletak di pinggir jalan raya  Padang Panjang – Solok. Di  sekitar danau terdapat  beberapa tempat untuk  beristirahat dan bersantai  serta tersedia juga berbagai  fasilitas sampan, boat dan  hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.
2. Ngarai Sianok
Ngarai Sianok terletak di  Pusat kota Bukittinggi,  membujur dari Selatan  Nagari Koto Gadang terus ke  Utara, Nagari Sianok Enam  Suku dan berakhir di  Palupuh dengan panjang 15  km, kedalaman 100 meter  dan lebar 200 meter. Ngarai  Sianok atau Lembah Pendiam ini merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur, didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna-warni dengan latar belakang gunung Merapi dan Singgalang yang menghijau merupakan alam yang mempesona. Keunikan Ngarai ini mudah dicapai, sebuah Ngarai di pusat kota yang tidak ditemui di kota-kota lainnya di dunia. Keindahan alam Ngarai Sianok yang mempesona itu selalu diabadikan oleh wisatawan dengan mengambil foto-foto serta sebagai imajinasi bagi para pelukis. Perjalanan menjelajah dengan melalui jalan setapak di lembah Ngarai merupakan rekreasi yang menarik, bila perjalanan terus keseberang Ngarai dalam waktu 45 menit anda akan sampai di Nagari Koto Gadang sebagai Nagari asal beberapa orang pemimpin bangsa Indonesia antara lain : H.Agus Salim dan Emil Salim.
3. Danau Maninjau
Merupakan danau yang  cukup indah dan menarik  yang terletak lebih kurang  36 km dari Kota Bukittinggi,  dapat ditempuh dengan  melewati jalan berkelok-  kelok yang dikenal dengan  sebutan kelok 44. Di danau  ini  tersedia fasilitas untuk  berenang, memancing,  sepeda air yang cukup mengasyikan serta terdapat juga hotel dan homestay yang cukup representative.
4. Pantai Air Manih/Batu Malin Kundang
Legenda Malin kundang si  anak durhaka sangat  terkenal seantero  Indonesia. Saat datang  berkunjung melihat pantai  air manih, di mana terdapat  batu malin kundang yang  konon dikutuk oleh ibunya  akibat durhaka. Malin tidak  mengakui ibunya sebagai  ibu kandung yang  melahirkannya. Legenda itu memang luar biasa. tapi pantai air manih tidaklah luar biasa. Kesannya datar-datar saja, jorok sebagai daerah wisata kurang terawat, banyak anjing yang bisa jadi buang kotorannya sembarangan. Tidak heran meski akhir pekan, pantai ini sangat sepi. Akses jalan menuju pantai yang lumayan banyak tanjakan. Nggak heran, kalau banyak angkot yang nggak kuat nanjak dan mogok. Seperti yang di alami beberapa angkot yang mengangkut
teman-teman. Akhirnya kami terpaksa berjalan dengan nafas yang ngos-ngosan karena jalan yang menanjak tajam.
5. Lembah Anai
Lingkungan Lembah Anai  sangat mengagumkan.  Hutan tropis yang lebat  yang mengesankan dan  merupakan hutan lindung.  Didasarnya mengalir Sungai  Batang Anai dengan airnya  yang bening dan kelihatan  sebuah air terjun setinggi 40  meter dekat sekali dengan  jalan raya.
6. Terowongan  Jepang
Terowongan ini panjangnya  lebih 1.400 meter berkelok-  kelok dibuat oleh tentara  Jepang pada periode 1942,  terletak di tengah taman  panorama di Ngarai Sianok  di bawah kota Bukittinggi,  dengan lebar lebih 2 meter.  Di dalam gua terdapat  berbagai keperluan ruangan  untuk kantor, rumah sakit,  makanan dan persenjataan. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi. Rakyat setempat menamakan ini adalah Lobang Jepang.
7.Jam Gadang
Jam Gadang merupakan bangunan  menara yang tinggi menjulang dengan  megahnya, beratapkan khas  Minangkabau, terletak di tengah kota  Bukittinggi. Jam Gadang menjadi  landmark dan lambang kota Bukittinggi,  dibangun di atas bukit yang bernama  Bukit Kandang Kerbau pada jaman  Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh  Contraleur (Sekretaris Kota) Rook  Maker.
8. Pacu Jawi
Kegiatan Pacu Jawi (Sapi)  diadakan diareal  persawahan dan biasanya  dilaksanakan sesuai musim  panen.pada dasarnya  perlombaan ini diadakan  agar suasana panen lebih  semarak dan  menyenangkan. Dua ekor  sapi diikat pada sebuah  bajak dengan joki menari-narik ekor sapi. Dalam setiap perlombaan melibatkan 5 sampai 10 pasang sapi berpacu dari garis star sampai finish.Biasanya perlombaan ini diadakan 3 kali setahun sebelum musim tanam yang bertempat digelanggang Tanjung Anau, Payobasung.
9. Pacu Kudo
Pacuan Kuda sebenarnya  permainan rakyat, terutama  bagi peternak kuda atau  penggemar kuda di Kota  Payakumbuh dulunya. Kini  kegiatan ini telah menjadi  event pendukung pariwisata  di Kota Payakumbuh dengan  jarak yang diperlombakan  800, 1200, 1400 dan 1600  meter. Umumnya kegiatan  ini diadakan setahun sekali. Kegiatan ini pun telah ditetapkan sebagai event pariwisata nasional sebagai kalender wisata oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya RI.
10. Randai
Randai merupakan salah  satu jenis kesenian teater  rakyat anak nagari  Minangkabau. Biasanya,  satu grup Randai berjumlah  14 sampai 25 orang pemain  yang membawakan lakon  dari cerita-cerita rakyat,  seperti, Kati Alam,  Samsudin, Siti Sabariah, Alam, Saedar Siti Janela dan lain-lain.
Secara teknis, Randai merupakan perpaduan antara tari, musik dan teater. Keunikannya terletak pada bentuk penyajian dengan bentuk pola lingkaran. Kedekatan antara pemain dan penonton menjadikan Randai sangat akrab dengan masyarakat Minangkabau.
Randai biasanya dimainkan dihalan atau dilapangan, sehingga penonton yang mengelilingi pemain tampak menjadi suatu kesatuan yang utuh. Dalam setiap penampilan, penonton boleh saja menyela dialog-dialog yang disampaikan paemain atau mungkin bersorak untuk memberikan gairah pemain seperti halnya lenong di Betawi.
Dan masih banyak lagi guys, kalo klian maen2 ke west sumatra, jangan lp untuk mampir ya. :)




sumber : http://yopium.wordpress.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Objek Wisata Di West Sumatra
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Objek Wisata Di West Sumatra


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Kamis, Juni 02, 2011. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Kamis, Juni 02, 2011. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Objek Wisata Di West Sumatra"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter