Headlines
Published On:Selasa, 18 September 2012
Posted by AchiyaK Deni

Pariwisata di Solok Selatan








1 LOVE SOLOK SELATAN
Solok Selatan wilayah kabupaten merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) bisa menjadi wisata alam 

Fauna2 seperti harimau sumatera, siamang,
* Banyak jenis burung dan hewan lainnya.
* Flora, seperti:. bunga Raflesia, Angrek
* Wisata alam seperti air terjun,
* Sei. . Talang, Bukit dan Danau Buntak
* Wisata budaya: Tempat bersejarah,
* Tradisional Desa Minangkabau dan lain-lain 

Kerinci Gunung 



Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai + 3.805 m dari atas permukaan laut ini menjulang sendiri diantara perbukitan disekitarnya. Gunung yang begitu mempesona banyak memberi inspirasi bagi kita untuk melakukan pertualangan untuk mengetahui lebih jauh kekayaan aneka flora dan faunanya. Gunung Kerinci ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Lokasi : Terletak diperbatasan Kab. Solok Selatan dan Kab. Kerinci.


Air Terjun TIMBULUN (Timbulun Air Terjun) Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 m, yang merupakan aliran sungai Batang Liki. Air terjun Lokasi sangat strategis, karena terletak di sisi kanan jalan Labuh-Muara Raya Padang Aro.Lokasi: Terletak di Nagari Lubuk Gadang + 2 km dari Ibu Kota Kabupaten (Padang Aro) dan + 161 km dari ibu kota Provinsi (Padang).  


                                                              Aia Tajun Timbulun


Air Terjun TIMBULUN Koto BIRAH (timbulun air terjun koto birah) Air terjun dengan ketinggian 20 m terletak di Koto Baru, Sungai Pagu Kabupaten. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Keindahan pemandangan yang diciptakan oleh air terjun merupakan pangsa air terus menimbulkan gemuruh dan pendinginan semburuh embun. Selain itu, dengan kondisi masih alami dan pembangunan diperlukan.Lokasi: Terletak di Jorong Koto Birah Nagari Koto Baru Sungai Pagu Kabupaten. Tentang + 2,5 km dari jalan Pekan Selasa Muara Labuh, dan + 30 km dari Padang Aro. 

Air Terjun talang SEPINTIR (Talang Sepintir Waterfall) Air terjun dengan ketinggian 20 m, ada perkebunan kelapa sawit di daerah berbatasan dengan perkebunan karet yang dimiliki oleh rakyat. Sekitar 100 m dari air terjun ini ada tanah kosong dengan karpet area sekitar 2 hektar +. Daerah ini menyediakan tempat untuk berkemah. Dari lokasi ini kita dapat melihat bentuk deretan daerah memgelilingi bukit perkebunan tanaman kelapa sawit yang membuat alam yang indah di sana. Lokasi: Terletak di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan, + 27 km dari Ibukota Kabupaten (Padang Aro) dan + 190 km dari ibukota Provinsi (Padang). Dapat ditemukan dengan kendaraan roda 2 (dua) roda atau 4 (empat). 

Rafting BATANG Liki Kegiatan di tempat wisata mulai dari kondisi aliran Batang Liki dengan cukup cepat dan ada batuan dinding kiri dan kanan di sungai, kemudian melompat ke tempat-tempat wisata Sangir.Arus hujan aliran Batang Batang Sangir dikenal sebagai cukup menantang untuk Olahraga atraksi utama wisata. Hal ini karena tingkat kesulitan cukup tinggi bahwa lima gradien. Wisata perjalanan wisata utama berakhir di Sungai Batang Hari. Lokasi: Ada di Nagari Lubuk Gadang, yang terletak di Batang Liki Jorong Liki (+ 3 km dari Padang Aro, + 160 km dari Padang), yang terletak di Batang Sangir Jorong Sampu (+ 2 km dari Padang Aro, + 165 km dari Padang). Sungai ini mengalir ke Sungai Hari di batang Ulung Nagari reservoir penutup (79 + km dari Aro, + 242 km dari Padang). 

AIR Terjun Tangsi 4 Kerinci (Tangsi 4 Waterfall) Dua (2) tingkat air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 m ini adalah Allah yang tak ternilai. Sebelum kita pergi ke lokasi air terjun pertama kita akan melihat kebun teh paving turn.to pergi ke lokasi kita tidak akan terlalu sulit karena jalan untuk terjun telah terbuka. Lokasi: Terletak di Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, tepatnya di kawasan kebun teh Mitra Kerinci, sekitar 8 km dari ibukota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro. 

Air Terjun Ulu SULITI (SULITI Waterfall) 
Air Terjun Ulu Suliti memiliki tinggi 40 meter dan terletak di daerah perbatasan Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Ini adalah air terjun tertinggi di Kabupaten Solok Selatan. Untuk mencapai lokasi air terjun ini Anda harus berjalan-jalan sekitar 5 km dari daerah perbatasan Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Lokasi: Air terjun Ulu Suliti terletak di kawasan Ulu Suliti pakan rabaa Desa Koto Parik Gadang Diateh Kecamatan, sekitar 55 km dari Padang Aro.


AIR MALANCA Air ini hilir di atas karang cekung, sehingga kita dapat berselancar di arus. Untuk mencapai ke lokasi ini kita dapat menggunakan kendaraan roda Empat dan Dua roda. Lokasi: Terletak di Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sagir. Sekitar 8 km dari ibukota Kabupaten Padang Aro. 

Air Terjun BATANG Daun (Batang Daun Waterfall) ini air terjun dengan ketinggian sekitar 15 Km. Lokasi: Terletak di Nagari Taratak Baru debit sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan. 

Air Terjun Lambe (Lambe Air musim gugur) air terjun ini terletak di belakang Bukit Lokasi: Terletak di Jorong Pinti Kayu Nagari Pekan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh, jauh lebih dari 55 km dari kecamatan modal. Teh Mitra Kerinci Perkebunan itu jalan dimulai pada 1985, dengan 1500 + ha perkebunan, di bawah Gunung Kerinci. Status kepemilikan tanah dimiliki oleh Negara di bawah wewenang Depertemen Keuangan yang dikontrak oleh PT. Mitra Kerinci untuk jangka waktu 30 tahun.Jika kita memasuki daerah ini, Anda akan melihat hamparan tanaman teh berpengetahuan.Diantara beberapa peta / bedengan tanaman teh merupakan tanaman Andong betwwen oleh merah yang berfungsi sebagai kutipan batas batas jarak dan menambah keindahan Teh teh Taman, yang selalu selipkan Mounth Kerinci. di daerah ini juga terdapat air terjun Tansi Ampek dari dua tingkat, tingkat pertama dengan ketinggian 15 meter dan 10 meter tingkat kedua yaitu 5 meter dari air terjun pertama. Lokasi: Terletak di Jorong Sungai lambai Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir , + 5 km dari ibukota kabupaten (Padang Aro) dan + 158 km dari ibukota Provinsi (Padang).

Air Terjun Pelangai Gadang

Selama ini penikmat wisata atau petualang hanya mengenal kabupaten Solok Selatan dengan agrowisata kebun teh milik PT Mitra Kerinci. Kebun teh seluas 1.500 hektare, menyajikan pemandangan hijau, akibat hamparan tanaman teh yang luas. Selain tanaman teh, diantara bedengan tanaman teh diselingi tanaman Andong dengan warna merah tua sebagai batas jarak petik teh, menambah keindahan kebun teh yang menyelimuti kaki Gunung Kerinci.

Dalam kawasan ini, terdapat air terjun Tangsi Ampek yang terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian 15 meter dan tingkat kedua dengan tinggi 10 meter yang berjarak 5 meter dari air terjun tingkat pertama. Untuk menjangkau tempat ini, bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Lokasi terletak di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir. Dari ibukota kabupaten, Padang Aro jaraknya tak lebih dari 5 km. Dari Padang, jaraknya lebih kurang 158 kilometer.

Masjid 60-Aso

Masjid ini terletak di Nagari
Talang, Pasir Pagu, Sungai
Kabupaten sekitar 40 km dari
ibu kota Solok Selatan,
Padang Aro
60-Aso masjid merupakan masjid tertua di Sungai Pagu Subdiatrict.
Kata 60 Aso berasal bahasa Dari Tiang Mesjid Yang berjumlah 60 buah. Nama 60 - Aso berasal dari tiang masjid yang terdiri dari 60 tiang. Setelah pembangunan masjid selesai, tiang masjid ini hanya 59 tiang.Akhirnya kutub ditambah satu kutub, dalam rangka itu selesai menjadi 60 tiang, tapi setelah dihitung kembali, tiang tersebut kembali hanya berjumlah 59. Jadi masjid ini dinamai 60 - Aso.

Kuno fosil
Fosil binatang purba adalah satu-satunya yang ditemukan di Solok Selatan Kabupaten. Fosil ini ditemukan pada tahun 2001 di desa BALUN pada daerah sawah dari seorang pria bernama Jamaris. Awalnya, tulang-tulang yang ditemukan hanya satu nugget dan Jamaris pikir jika hal hanya kayu, sehingga ia berpikir untuk menggunakannya untuk menopang pintu.Setelah diperhatikan lebih seksama, tampak bahwa ada singularitas yang adalah jumlah rongga pada benda yang menyerupai tulang makhluk hidup.Akhirnya, penggalian lebih lanjut dilakukan agar karya lain akhirnya ditemukan. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan dua roda atau empat roda, sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro.
Lokasi di mana fosil anciernt ditemukan terletak di Desa Balun, pakan Rabaa, Koto Gadang Parik di Ateh. Kecamatan.

Taman Nasional Kerinci Seblat


Adalah Taman Nasional yang terletak pada 4 Provinsi yaitu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Di dalamnya kita bisa menyaksikan keaneka ragaman Flora dan Fauna yang dilindungi oleh Dunia. Binatang-binatang liar seperti Harimau, Beruang, ular dan lainnaya hidup bebas disini. Selain itu anda akan menjumpai Tumbuhan Langka seperti Bunga Raflesia Arnoldi dan sejenis bunga Anggrek liar.(http://bisnisukm.com/potensi-pariwisata-kabupaten-solok-selatan-sumatera-barat.html)

Kawasan TNKS merupakan hutan belantara tropis yang asli, mempunyai luas areal 1.368.000 ha. Terbentang di empat wilayah provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi. Empat puluh lima persen (45%) dari kawasan TNKS atau 422.190 ha. berada di wilayah provinsi Jambi membentang dari wilayah kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kerinci. Sedangkan pusat daya tarik kawasan TNKS terletak di kabupaten Kerinci dengan jarak ±491 km dari kota Jambi. Luas TNKS di Kabupaten Kerinci mencapai 215.000 ha. yang merupakan enclave terbesar didunia dan juga sebagai kawasan konservasi/hidrologi serta memiliki potensi alam berupa beraneka ragam hayati daerah tropis dan budaya yang sangat menarik.

Jenis fauna yang terdapat dikawasan TNKS terdiri dari berbagai jenis mamalia, burung, reptil, amphibi dan primata serta beberapa satwa langka yang dilindung. Tak kalah menarik dari itu semua adalah terdapat berbagai jenis flora yang mencapai sekitar 4000 spesies, yang spesifik diantaranya adalah Pinus Mercusii Strain kerinci, Kayu Pacet (Harpullia Arborea) yang memiliki warna yang sangat menarik. Bunga raflesia (Raflesia Arnoldi), Bunga Bangkai (Amorphophalus Titanum) yang merupakan bunga tertinggi di dunia.

Kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli ini dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang kebudayaan, rekreasi dan pariwisata. Sedangkan fungsinya sebagai penyangga sistim kehidupan, pengawasan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Dikawasan ini terdapat gunung vulkano aktif tertinggi di pulau Sumatera yaitu Gunung Kerinci (3.805m dpl). Kawasan TNKS banyak memiliki objek wisata yang mengagumkan seperti danau dan air terjun. (http://wisata-jambi.com/id/index.php?option=com_content&task=view&id=96&Itemid=215)

Air Terjun Timbulun Koto Birah

Air terjun dengan ketinggian 20 m ini terletak di Koto Baru , Kecamatan Sungai Pagu. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Keindahan pemandangan yang di ciptakan oleh air terjun ini adalah curahkan air yang terus menerus menimbulkan gemuruh dan semburuh embun yang membuat sejuk. Apalagi ditunjang dengan kondisinya yang masih alami dan masih perlu pengembangan. Lokasi : Terletak di Jorong Koto Birah Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu. Sekitar + 2.5 km dari jalan Raya Pekan Selasa Muara Labuh, dan + 30 km dari Padang Aro




.(http://bisnisukm.com/potensi-pariwisata-kabupaten-solok-selatan-sumatera-barat.html

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Pariwisata di Solok Selatan
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Pariwisata di Solok Selatan


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Selasa, September 18, 2012. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Selasa, September 18, 2012. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Pariwisata di Solok Selatan "

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter