Headlines
Published On:Selasa, 03 Januari 2012
Posted by Unknown

Anjing-anjing Perkasa Berburu Babi


1323702156552969343 
Setelah sekian lama dilakukan, buru babi masih memiliki daya magis tersendiri. Tak masalah berapa banyak babi yang terbunuh. Yang terpenting adalah keasyikan unjuk kebolehan anjing pemburu serta rasa kebersamaan yang kental. Buru babi telah menjadi tradisi di masyarakat suku Minangkabau sejak lama. Awalnya, berburu babi bertujuan menyelamatkan tanaman warga yang sering dirusak hama babi. Babi dikejar oleh sekelompok anjing terlatih yang dimiliki warga setempat.
Hingga kini, kebiasaan itu masih dilakukan. Buru babi selalu menjadi agenda tetap masyarakat di beberapa tempat di Sumatera Barat seperti Kabupaten Agam, Pasaman, dan Darmasraya. Ada yang melaksanakannya sekali seminggu yang dinamakan buru pakan. Buru pakan ini hanya diikuti masyarakat setempat saja. Sedangkan buru alek atau buru babi besar-besaran mengundang seluruh pemburu di Sumatera Barat.
Seperti buru alek yang baru saja dilakukan masyarakat Baso Kabupaten Agam. Perburuan itu setidaknya diikuti 200 pemburu dari seluruh Sumatera Barat. Perburuan berlangsung dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.
Tuan rumah yang mengundang dinamakan muncak. Sedangkan tamu undangan disebut sialek. Muncak dan sialek punya tugas yang berbeda. Muncak menghalau babi ke arah kota sedangkan  sialek bertugas menunggu babi-babi tersebut. Ketika melihat babi, para muncak akan bersorak-sorai memberitahu sialek agar berjaga dan tak lengah. Saat itu hutan tak kalah ributnya dengan pasar. Gonggongan anjing-anjing pemburu dan teriakan muncak menggema-gema seantero hutan.
Anjing-anjing nan perkasa
Anjing-anjing yang diturunkan dalam perburuan bukanlah sembarang anjing. Mereka adalah anjing pilihan yang telah dilatih sebelumnya. Mereka tak kenal takut meski sasaran mereka cukup berbahaya. Tak sedikit anjing yang menjadi korban keganasan si babi. Anjing pemburu sering terluka bahkan mati karena gigi taring tajam yang menjadi andalan babi untuk menyerang musuhnya.
Anjing pemburu pertama yang mampu menggigit babi memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Sebaliknya, jika si anjing takut dan tak mau masuk hutan akan menjatuhkan harga diri si pemburu. Si pemburu akan dipandang tak mampu melatih anjingnya dengan baik. Perilaku anjingnya yang penakut mencerminkan pula karakter si pemilik.
Anjing yang berhasil mendapatkan gigitan pertama akan melonjak nilai jualnya.
“Bisa ditawar sampai Rp 30 juta,” ujar salah seorang Muncak, Malin (35).
Begitupun halnya dengan anjing pemberani yang terluka oleh babi. Jika si anjing tetap hidup dan tak surut keberaniannya dalam berburu, maka harganya pun tak kalah mahal dengan anjing yang mendapat gigitan pertama.
Uniknya, anjing yang dilepas ke hutan pasti kembali ketempatnya semula.
“Mereka tak pernah tersesat, selalu kembali ke tuannya,” katanya lagi.
Anjing pemburu berwarna putih dikenal dengan sebutan lupak, sedangkan yang berwarna kekuningan disebut samuik.
Para anjing perkasa itu selalu diperhatikan pemiliknya. Mereka dirawat, dimandikan dan diberi makanan yang bergizi secara teratur. Kehebatan si anjing berburu akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi tuannya.
Bahkan sebagian pemburu menyekolahkan anjing mereka. Di sekolah anjing itu, seekor babi dilepas di lapangan terbuka lalu anjingpun dibiarkan mengejar. Namun, ketika hampir dapat, babi langsung dimasukan ke dalam kandang yang telah disediakan. Begitu berulang-ulang. Hal tersebut berfungsi melatih kecepatan lari si anjing. Satu kali putaran melepas babi dikenakan biaya Rp 10 ribu. Salah satu sekolah anjing itu bisa ditemukan di daerah Batusangkar.
sumber   :    http://unik.kompasiana.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Anjing-anjing Perkasa Berburu Babi
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Anjing-anjing Perkasa Berburu Babi


About the Author

Posted by Unknown on Selasa, Januari 03, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Selasa, Januari 03, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Anjing-anjing Perkasa Berburu Babi"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter