Headlines
Published On:Kamis, 29 Desember 2011
Posted by AchiyaK Deni

Palai dan Peyek Rinuak


 Palai dan Peyek RinuakRinuak… adalah ikan yang lebih kecil daripada teri medan. Ikan ini sangat gurih rasanya kalau di palai (pepes). Selain dipepes ikan ini juga ‘gak kalah gurihnya kalau dibuat jadi peyek. ikan rinuak ini hanya terdapat di danau maninjau. bagi wisatawan yang mengunjungi danau maninjau tidak akan melewati kesempatan untuk mencoba rinuak ini.
Kalangan wisatawan yang umumnya pemudik berkunjung ke kawasan Danau Maninjau Sumbar, Kabupaten Agam, Sumbar, marak memburu kerupuk rinuak, satu makanan khas daerah setempat terbuat dari ikan kecil yang ditangkap di seputar danau terluas di Sumbar itu. “Banyak wisatawan mencari kerupuk rinuak ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asalnya,” kata penjual kerupuk rinuak di kawasan Danau Maninjau, Narti, Rabu.
Menurut dia, musim lebaran dan libur panjang adalah saat peningkatan penjualan kerupuk rinuak tersebut karena banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Maninjau. “Biasanya mereka tidak lupa membeli kerupuk rinuak baik untuk dimakan sebagai kudapan atau dengan nasi,” katanya. Kerupuk rinuak dibuat dengan campuran tepung dan rinuak yang digoreng dan diberi bumbu khas menjadi kerupuk yang rasanya sangat lezat dan renyah.
Rinuak satu jenis ikan kecil yang banyak terdapat di Danau Maninjau yang sering ditangkap warga setempat untuk diolah menjadi aneka jenis makanan seperti kerupuk dan pregedel. Kerupuk rinuak dibuat masyarakat dalam skala kecil yakni industri rumah tangga yang diusahakan kaum ibu dengan tenaga kerja dua sampai tiga orang. Narti mengatakan, kerupuk rinuak kini tidak hanya dijual di sekitar Danau Maninjau namun juga sampai ke daerah tetangga seperti Kota Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi.
sumber : http://hutantropis.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Palai dan Peyek Rinuak
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Palai dan Peyek Rinuak


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Kamis, Desember 29, 2011. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Kamis, Desember 29, 2011. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter