Headlines
Published On:Senin, 14 Februari 2011
Posted by AchiyaK Deni

Tambang Batubara Ombilin (Minang Saisuak)

minang-saisuak-34-suryadi-tambang-batubara-ombilin


TAMBANG BATUBARA OMBILIN yang mulai diekplorasi tahun 1876 masih tetap berproduksi sampai sekarang. Kekayaan batubara dalam bumi Ombilin itulah, yang ditemukan oleh insinyur Belanda De Greve pada pertengahan abad ke-19, yang telah melahirkan kota enclave Sawahlunto. Deposit batubara Ombilin yang besar, membuat Pemerintah Kolonial Belanda berani menanamkan investasi ratusan ribu Gulden untuk membangun infrastruktur guna membawa hasil tambang Ombilin ke luar negeri yang tentunya menghasilkan keuntungan berlipat ganda bagi Belanda.

Pada dasarnya pembangunan jalan kereta api di Sumatra Barat (dimulai tahun 1891) dan pelabuhan Teluk Bayur atau Emmahaven (dibangun tahun 1888-1893) terkait dengan ekplorasi besar-besaran deposit batubara di Ombilin oleh Belanda. Batubara dari tambang di Ombilin dibawa ke Teluk Bayur, dan untuk seterusnya dikapalkan ke luar negeri, terutama ke Eropa. “Itulah [salah satu] hasil jang terbesar di daerah Sumatra Barat. [M]ajapada inipun bagaikan bertaut disebabkan batu arang [dari Sawahlunto]” kata Santry R. dalam romannya Gadis Tualang (1948: 27).

Foto klasik yang disuguhkan dalam rubrik ‘Minang Saisuak’ kali ini mengabadikan lokasi Tambang Batubara Sawahlunto. Di caption foto ini tertulis: ‘Ombilien-Steenkolenmijnen te Sawah-Loentoe’ (‘Tambang Batubara Ombilin di Sawahlunto’). Foto yang berukuran 18 x 22 cm. ini dibuat tahun 1910 oleh fotografer Jean Demmini dan dicetak dengan teknik lichtdruk oleh Winkel Maatschappij Paul Bäumer & Co. di Padang. Bangunan-bangunan beratap seng yang kelihatan dalam foto ini merupakan bagian dari tempat pemrosesan batubara. Beberapa bangunan lainnya menjadi kantor administrasi dan tempat tinggal para kuli.

Mungkin banyak dari bangunan-bangunan yang terlihat dalam foto ini sudah hancur dimakan zaman. Namun, jika ada yang masih tersisa, mungkin ada baiknya direnovasi. Hal itu tentu banyak manfaatnya dalam rangka mendukung program pariwisata Pemda kota Sawahlunto yang konon menonjolkan pariwisata sejarah tambang.

Suryadi – Leiden, Belanda. (Sumber foto: Souvenir der Padangsche Bovenlanden. Padang: Winkel Mij. v/h P. Baumer & Co, 19xx: foto no.19).
Singgalang, Minggu, 23 Januari 2011
sumber : http://niadilova.blogdetik.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Tambang Batubara Ombilin (Minang Saisuak)
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Tambang Batubara Ombilin (Minang Saisuak)


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Senin, Februari 14, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Senin, Februari 14, 2011. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Tambang Batubara Ombilin (Minang Saisuak)"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter