Headlines
Published On:Kamis, 17 Februari 2011
Posted by AchiyaK Deni

Rumah Dinas Residen Sumatra Barat di Padang (Minang Saisuak )

suryadi-rumah-dinas-residen-sumatra-barat-di-padang


RUMAH DINAS RESIDEN SUMATRA BARAT adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih bertahan di Padang sampai sekarang. Bentuk bangunan itu yang sejak zaman kemerdekaan difungsikan sebagai rumah dinas Gubernur Sumatra Barat juga tidak banyak berubah. Empat pilar utama di depan praktis tetap sama bentuk dan jumlahnya sejak bangunan ini didirikan di awal 1800-an. Modelnya memakai gaya rumah tradisional di Padang, atau rantau pesisir barat Minangkabau pada umumnya, yang konstruksi atapnya berbentuk ‘tungkuih nasi’. Ini merefleksikan pendekatan kultural Belanda dalam membuat bangunan fisik di Hindia Belanda zaman lampau.

Sekarang letak bangunan ini berada di jalan utama di Padang, yaitu Jalan Jendral Sudirman, berseberangan dengan Kantor Gubernur Sumatra Barat. Lapangan luas di sekitar bangunan ini juga masih dapat dipertahankan sampai sekarang. Jika tidak dialihfungsikan menjadi rumah dinas Gubernur Sumatra Barat, pastilah tanah lapang di sekitar bangunan ini sudah ‘ditumbuhi’ oleh bangunan ruko dan mall yang saling bagadincik.

Rubrik Minang Saisuak minggu ini menyuguhi pembaca Singgalang sebuah foto klasik rumah dinas Gubernur Sumatra Barat. Foto ini dibuat tahun 1916 saat Gubernur Jendral Hindia Belanda J.P. Graaf van Limburg Stirum mengunjungi Sumatra’s Westkust.

Dalam dokumen-dokumen klasik Belanda bangunan ini disebut “woning van de Resident van Sumatra’s Westkust”. Data visual tertua mengenai bangunan ini berupa sebuah lukisan litograf berukuran 14 x 23 cm. bertarikh 1888 yang dibuat oleh A. W. Sijthoff Jonkheer Josias Cornelis Rappard dan sekarang tesimpan di KITLV Leiden. Masih di lembaga yang sama terdapat pula satu foto bangunan ini dalam bentuk kartu pos (tipe: prentbriefkaart) berukuran 8 x 12.7 cm. yang dibuat tahun 1910. Sekarang giliran Irwan Prayitno, Gubernur Sumatra Barat terpilih, mendiami rumah ini. Selamat menikmati kenyamanannya, Pak Irwan, tapi jangan lupa amanah rakyat.

Suryadi – Leiden, Belanda. (Sumber foto: Tropenmuseum, Amsterdam).
Singgalang, Minggu, 19 September 2010
sumber : http://niadilova.blogdetik.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Rumah Dinas Residen Sumatra Barat di Padang (Minang Saisuak )
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Rumah Dinas Residen Sumatra Barat di Padang (Minang Saisuak )


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Kamis, Februari 17, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Kamis, Februari 17, 2011. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Rumah Dinas Residen Sumatra Barat di Padang (Minang Saisuak )"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter