Headlines
Published On:Senin, 18 Juni 2012
Posted by Unknown

My Modern-Minang Wedding Vendors

Walaupun pernikahan saya sudah lama berlalu, saya akan cerita pengalaman saya bekerjasama dengan berbagai vendor pernikahan. Menurut saya mengurus sebuah pernikahan itu “gampang-gampang susah”. Saya butuh waktu setahun untuk persiapan pernikahan bertema adat padang, hunting vendor dimulai dengan mendatangi pameran-pameran pernikahan yang biasanya diselenggarakan 3x setahun di PUSDAI, Graha Mandala Siliwangi, dan gedung lainnya. Setiap mengunjungi pameran, saya selalu datang hari pertama, mengumpulkan brosur dan langsung pulang untuk menyortir dan merundingkan vendor tersebut dengan orangtua. Pusing kalau berlama-lama di pameran karena sumpek dan padat manusia. Dari tumpukan brosur, saya dapat beberapa vendor yang oke, langkah selanjutnya adalah browsing dan lihat testimonial dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa dari vendor tersebut. Ga mau kan beli kucing dalam karung? apalagi untuk pernikahan yang cuma sekali seumur hidup. Kalau testimony bagus dan orangtua setuju, hari terakhir pameran saya kembali datang dan langsung DP tanda jadi. Lumayan menghemat uang, karena biasanya vendor memberikan diskon dan harga promo. Tidak semua vendor saya dapat dalam satu pameran karena untuk vendor dengan budget besar, seperti gedung dan catering, butuh survey lebih lama dan diskusi panjang dengan orangtua dan keluarga.
Karena saya anak terakhir dan perempuan satu-satunya, orangtua ingin pernikahan saya diadakan di gedung, agar semua kenalan dan kerabat orangtua masuk daftar undangan. Total undangan sekitar 1100, which means 2200 orang, dengan perkiraan hanya 80% undangan yang hadir berarti saya dan keluarga harus menyiapkan untuk sekitar 1800 orang. Lumayan banyak dari rencana awal saya dan suami yang hanya ingin pesta kebun kecil-kecilan dengan 300 undangan. Well, seperti kata teman-teman saya yang duluan menikah, kami sebaiknya menurut saja.. karena dalam budaya Timur, pernikahan adalah hajat orangtua. Tugas terakhir seorang Ayah adalah untuk menikahkan anak perempuannya.
It’s okay walaupun pernikahan impian tidak tercapai, buat saya yang penting halal, sah dan menikah dengan orang yang saya cintai.  Hihi..
Saya dan keluarga mengurus semuanya sendiri. Orangtua saya sempat kapok dengan WO pernikahan kakak saya yang pelayanannya kurang memuaskan. Jadi, panitia pernikahan saya adalah keluarga dan kerabat dekat. Rapat pernikahan diadakan sebulan 2x dan seminggu sekali menjelang hari H. Saran saya, sebaiknya calon pengantin jangan bertanggungjawab penuh pada hal apapun (kecuali yang bisa dilakukan dan selesai sebelum hari H seperti mengurus undangan dan cincin). Delegasikanlah kepada keluarga/orang yang dapat dipercaya, sehingga menjelang hari H, calon pengantin bisa sedikit lebih tenang tanpa diganggu urusan ataupun pertanyaan-pertanyaan kecil yang bisa membuat stress.
Satu hal yang penting adalah mengumpulkan seluruh vendor dalam satu hari untuk di-brifing. Dari awal hingga akhir, saya dan keluarga memegang kendali penuh terhadap semua vendor. Sehingga vendor-vendor tersebut mengikuti kemauan kami. hal ini penting karena biasanya, vendor melaksanakan yang biasa mereka lakukan. Misalnya, untuk kebersihan catering, kadang petugas kebersihan menunggu piring dan gelas kotor menumpuk di meja baru dibersihkan, tapi orangtua saya menegaskan tidak boleh ada piring kotor, petugas kebersihan harus selalu tanggap jika ada bekas makanan tergeletak di lantai. Brifing ini juga berguna untuk menghindari tagihan mendadak di akhir acara. Contohnya, kadang pihak gedung menagih uang kebersihan pada pihak dekorasi, tapi dalam perjanjian biaya dekorasi, hal itu belum masuk ke kontrak kita, jadi pihak dekorasi menagih biaya tersebut pada kita di akhir acara. Untungnya, ibu saya sangat teliti dan hal-hal seperti ini tidak terjadi pada kami.
Setelah melalui proses yang panjang, Alhamdulillah pernikahan saya dan suami berjalan lancar dan sangat memuaskan. Vendor-vendor yang kami pilih bekerjasama dengan baik sekali (Ada sih 1 vendor yang menurut saya masih kurang). Yah, di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, But it’s okay, saya, suami dan keluarga tetap puas dengan pernikahan ini.
Undangan : Percetakan Milprint
ImageSaya dan suami mendesain undangan pernikahan sendiri. Desain undangan masuk ke percetakan sebulan sebelum hari H. Proses desain ini memakan waktu cukup lama karena saya dan orangtua memiliki keinginan yang berbeda. Untungnya suami saya kenal dengan pemilik percetakan ini, jadi pergantian kertas undangan ga terlalu merepotkan. Kami dibantu oleh Pak pedro dan Mbak April, dua-duanya ramah dan sangat sabar melayani kami. Harga yang dibayar hanya cetak saja, jadi jatuhnya jauh lebih murah (sekitar Rp.9000/undangan termasuk amplop, plastik, dan tanda terimakasih). Kekurangannya, kami harus hunting kertas sendiri ke cibadak dan toko kertas lain, agar undangan yang diharapkan sesuai dengan keinginan.
(CP : Pedro 0811234014)

Souvenir : Mentari glass
Saya pesan souvenir gelas lewat internet. Agak tegang juga, kaImagerena saya tidak lihat barangnya langsung. Saya dan suami desain sendiri logo untuk di gelas dan kirim via email ke Pak Doklas. Seminggu setelahnya, contoh gelas dikirim ke Bandung. Memang tidak terlalu sempurna dan kami sempat melalui beberapa revisi. Kurang lebih setelah dua minggu, barang diambil ke Jakarta oleh ibu saya. Semua gelas kami packing satu persatu dan kami sortir lagi karena ada beberapa gelas yang cacat.
(CP : Doklas 087881812620)
Makeup dan pakaian : Yuyun Make up dan Kebaya Belva
Teh Yuyun ini sangat sangat.. sangaaaaat ramaaaah sekali. Waktu pertama saya datang ke pameran di PUSDAI, saya langsung jatuh hati. Ibaratnya love at the first sight. Untung ga salah pilih. Makeup Teh Yuyun mampu menutupi jerawat saya dan bagus ketika difoto. Makeup Ibu dan mertua saya juga halus dan ga terlalu menor. Paketnya murah banget, saya ambil paket 8juta, udah termasuk:
  1. Makeup CPW (sanggul/style kerudung) & CPP
  2. 2 stel baju pengantin (akad & resepsi)
  3. Touch up makeup & ganti style rambut/kerudung untuk resepsi
  4. Busana orangtua (2 stel – akad & resepsi)
  5. Busana pagar ayu & bagus (8 stel)
  6. Make up & sanggul/kerudung untuk 8 orang (4 pagar ayu & 2 ibu)
Kebayanya dari Belva, Mas ifan yang desain kebaya ini sendiri. Kita bisa pilih kebaya ready stock atau minta desain khusus, tapi untuk desain khusus ada penambahan biaya dan harus pesan 2 bulan sebelumnya. Suntiangnya, saya sewa dari vendor pelaminan Ibu Ani. Untungnya tim dari Bu Ani dan Teh Yuyun bisa bekerjasama dengan baik sekali ketika merias pengantin acara resepsi.
(CP : Yuyun 02292450199)
Image
Makeup : Yuyun | Kebaya : Belva
Image
Makeup: Yuyun | Kebaya: Belva | Suntiang : Ibu Ani Zainudin
Gedung : Graha Batununggal Indah
Waktu itu saya dan suami survey beberapa gedung di Bandung. Tapi, gedung yang sesuai dengan kriteria keluarga kami hanya dua, yang pertama adalah gedung ini, dan yang kedua gedung serbaguna BCC di Soekarno Hatta. Sayangnya, gedung BCC ini full-booked ketika kami survey kesana. Dari kelengkapan ruang, gedung Batununggal masih unggul. Soalnya, gedung ini dilengkapi dengan dua ruang VIP plus kamar mandi, dua ruang rias keluarga/pagar ayu plus kamar mandi, dan satu ruang besar (lebih tepatnya hall) yang bisa disewa bila butuh ruang tambahan. Dari harga, gedung ini bisa dibilang diatas rata-rata. Sekitar 37juta, seingat saya, harga ini sudah termasuk 200 kursi, panggung ukuran 10 x 12 m, 5000watt listrik, petugas parkir dan keamanan serta beberapa hal lain, saya lupa. Ternyata harga yang mahal ini sebanding dengan fasilitas dan pelayanan mereka. Selain ruang VIP nya yang sangat nyaman, dapur gedung ini sangat ideal untuk catering, sangat luas dan memiliki loading dock sendiri. Area parkirnya pun luas dan dapat menampung sekitar 600 mobil, jika masih kurang, mobil tamu bisa parkir diluar area gedung tanpa perlu khawatir akan keamanannya, karena gedung ini masih berada di lingkungan kompleks. Yang melayani saya adalah Mbak Dewi, sanggat mudah diajak kerjasama dan selalu memenuhi kebutuhan kami (seperti denah gedung dan sewa alat tambahan). Kapanpun saya sms, langsung ditanggapi oleh Mbak Dewi dengan ramah. Graha Batununggal Indah very recommended!
(CP : Dewi 087822448832/ 081572288488/ 02276708288)
Image
Lighting Gd.Batununggal Indah
Image
Pintu Area Loading Dock
Image
siang hari
Image
Dapur untuk  Catering

Catering : Van Hengel
Van hengel ini adalah catering dari Hotel Panghegar. Saya bekerjasama dengan Pak Weddy, orangnya sangat baik dan kooperatif. Beliau aktif dan selalu siap membantu apapun yang kami butuhkan. Bahkan Pak Weddy rela ikut rapat pernikahan kami hingga 3x. Komentar dari para tamu sangat baik sekali, makanan tidak kurang dan selalu refill. Rasanya sangat enak dan petugas kebersihannya tanggap, sehingga ruang resepsi selalu bersih tanpa ada sisa piring/gelas kotor.  Lebihnya lagi, menu nya bisa disesuaikan dengan permintaan ibu saya. Five star for Van Hengel. Paket yang kami pesan adalah :
PANEKOEK Package Rp. 63.000,-/paxes
SOUP
  • Soto Padang
MAIN DISHES
1.       Nasi Goreng Singapore
2.       Lidah Iris Merah ala Chinese
3.       Roast Chicken Mushroom sauce
4.       Kakap Cah Brokoli
5.       Kwetiau Sauce Lada Hitam
6.       Nasi putih
7.       Kerupuk
8.       Rujak Cuka
9.       Air Mineral
DESSERT
  1. Aneka Pudding
  2. Buah Iris
  3. Es Puter
  4. Strawbery Yoghurt Juice
STALL/SAUNG
  1. Baso Tahu
  2. Red Beef Ala Singapore
  3. Thai Spicy Chicken
  4. Sate Padang
  5. Salad Bar
  6. Aneka Pasta
Additional
Menu Akad Nikah
  1. Roti Goreng Italia
  2. Lemper Bakar
  3. Lumpia
  4. Juice Orange / Guava
  5. Coffee / Tea / Lemon, Sugar & Cream
Bonus Fasilitas Pernikahan :
Pelaminan ( Pilih salah satu )                                      Taman Pelaminan
Taman Ruang                                                                     Karpet Pelaminan
Karpet Jalan                                                                       Backdrop + Layar Back Stage
Kursi Sofa / Etnik                                                              Tempat Uang 4 buah + bunga
Standing Flower 6 buah                                                    Gapura Pintu Slayer 3 buah
Pagar Pembatas VIP                                                        Janur Umbul-umbul 1 buah
Lighting                                                                               Meja Buffee Prasmanan 2 Jalur
Menginap 1 malam di hotel Grand Royal Panghegar +                                                      
makan pagi untuk 2 orang         

Apabila Dekorasi membawa sendiri akan dikenakan pemotongan sebesar Rp. 8.000.000 dari total biaya .
(CP : Weddy 081320710168)
Dekorasi Pelaminan : Ibu Ani Zainudin
Ibu Ani Zainuddin sangat fasih dalam menangani pelaminan Sumatera, terutama Minang. Pengalamannya sudah 30 tahun. Bu Ani ini orangnya detail dan peka terhadap warna, jadi warna apapun yang kita inginkan, pasti beliau kerjakan dan hasilnya luar biasa. Pelaminan pada pernikahan saya bernuansa ungu dan perak, tapi tetap megah dan mewah layaknya pelaminan Minang aslinya. Ibu Ani juga menyediakan jasa upacara adat, MC, tari-tarian sumatera, pakaian pengantin, penerima tamu, dan lain-lain. Saran saya untuk mempelai wanita, sewa suntiang dari Bu Ani karena…  suntiang milik Bu Ani ini sangat indah dan tidak berat.. saya mengenakan suntiang 7 susun dan rasanya ringan, tidak berat. Malah lebih berat tanduk batingke pada malam bainai. Nah, dibalik kelebihan tentu ada kekurangan. Buat saya kekurangannya cuma satu. Harga. Pelaminan dengan panjang 24 meter, harganya sekitar 30 juta, tapi itu belum termasuk taman di depan pelaminan, layar hitam dan pohon-pohon palem untuk hiasan di belakang pelaminan, sewa pakaian, upacara adat, daaaaan… tidak ada PAKET! Hanya pelaminan saja. titik. Jadi yang perlu dilakukan, sebaiknya kita detail saat bertanya harga ke Ibu Ani, supaya ujungnya tidak ada pembengkakan biaya.
(CP : Ibu Ani 08122016740/ 081910688939)
Image
Pelaminan “Modern Minang” di gedung resepsi by: Ibu Ani Zainuddin
Image
Pelaminan Malam Bainai di rumah CPW by: Ibu Ani Zainuddin
Dekorasi ruang resepsi : Magenta Design
Mas Chris ini ternyata masih saudara dengan keluarga kami. Lucunya, kami baru tahu hal ini ketika pertemuan pertama untuk diskusi mengenai dekorasi, itupun setelah RAB keluar. Jadi kami bisa tahu kalau mas Chris tidak menaikan harga. Saat vendor lain menawarkan gambar dekorasi 3D dari software-software canggih, Mas Chris masih menggunakan gambar manual alias gambar tangan diatas kertas tanpa dibantu software apapun. Ini menjadi nilai tambah karena mas Chris memang suka mendekorasi dan menggambar dengan hatinya. Hasilnya, ruang resepsi luarbiasa indah. Teman-teman saya dan ibu banyak yang memuji, dan setelah pernikahan saya, banyak teman saya yang minta mas Chris mendekor pernikahan mereka. Nilai tambah lagi untuk Mas Chris karena ramah, sabar dan mampu memvisualisasikan keinginan kami.
(CP : Chris  0818631593)
Image
Decor by Magenta | Photo by Fahri AlMaut
Image
Area buku tamu & lorong masuk
Image
Dekorasi area makan VIP by: Magenta
Dokumentasi : LSD Moment Photography
NOT RECOMMENDED! satu-satunya vendor yang saya dan keluarga tidak puas hanya vendor ini. Saya tidak akan membahas detail. Secara garis besar, vendor ini ditangani dan dimiliki oleh seseorang dengan sifat kekanakan dan tidak professional, tidak tanggap, serta tidak ramah dalam melayani klien (2011). Vendor ini berani menerima 4 liputan acara pada saat yang bersamaan, sayangnya tidak disertai kemampuan yang memadai. Untungnya tim yang dikirimkan pada akad dan resepsi kami, adalah tim yang ramah, sopan dan mau diajak kerjasama, tidak seperti pemiliknya. Menurut saya dan suami (yang berlatar pendidikan seni dan desain), hasil foto dalam album dan DVD yang diberikan pada kami tidak melalui proses editing. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp.10.000.000 untuk 1 studio mini pada acara resepsi, 1 album 8R, 1 foto cetak besar, 1 video malam bainai-akad-resepsi 90 menit, dan 1 videoklip. Produk dari LSD yang paling memuaskan hanya videoklip saja, itupun setelah backsound lagu diganti sesuai dengan permintaan saya.



Sumber  :    http://rhilyzoro.wordpress.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: My Modern-Minang Wedding Vendors
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: My Modern-Minang Wedding Vendors


About the Author

Posted by Unknown on Senin, Juni 18, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Senin, Juni 18, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "My Modern-Minang Wedding Vendors"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter