Headlines
Published On:Senin, 04 Juni 2012
Posted by Unknown

Masakan Padang: Kenikmatan Cita Rasa yang Berempah


Masakan Padang adalah makanan yang berasal dari Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat. Masakan ini umumnya bercita rasa pedas. Jika Anda menyukai makanan pedas maka restoran Padang adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Masakan Padang khas ini sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan di dunia.
Di setiap kota di Indonesia, restoran Masakan Padang umumnya selalu ada. Hal ini seakan menunjukan betapa populernya masakan ini di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mengenali restoran Masakan Padang karena cirinya yang khas, yaitu variasi makanannya yang dipajang langsung dalam etalase kaca. Anda tinggal memilih menu yang menarik selera kemudian menikmati kelezatan makanan tersebut.
Masakan Padang sering menggunakan daging ayam, daging sapi, telur, daun singkong, sayur kol, dipaduracikkan sambal sebagai menu utamanya. Masakan Padang mempunyai sambal khusus yang disebut sambal ijo.
Beberapa menu yang terkenal dari restoran Padang antara lain: rendang, soto padang, sate padang, dendeng, gulai gajebo, dan gulai kepala ikan kakap, disertai sambal balado. Hal yang paling menyenangkan saat menikmati Masakan Padang adalah menebak-nebak bumbu rahasia apa yang digunakan. Kuliner Padang terkenal dengan citarasanya yang berempah.
Cara penyajian Masakan Padang sangat unik dimana pelayannya akan membawa 20 piring menu makanan ke meja Anda dalam sekali antar. Ini menjadi pertunjukan akrobatik yang menyenangkan dengan makanan tersaji dan bertumpuk dua tingkat. Anda memilih menu mana yang sesuai selera dan hanya perlu membayar makanan yang Anda makan saja.
Masakan Padang dianggap sebagai simbol komunitas atau kekerabatan, karena biasanya restoran Padang dijadikan tempat berkumpul keluarga untuk makan bersama-sama. Masyarakat Minang memiliki budaya menyelesaikan masalah dengan berkumpul dan makan-makan, mulai anak, cucu sampai kakek nenek datang bersamaan. Di satu sisi hal ini merupakan pendidikan dan juga sebagai warisan tradisi mengenalkan Masakan Padang kepada generasi muda. Ini dapat dijadikan kebiasaan untuk menjamin keberadaan Masakan Padang.
Masih banyak restoran Padang yang sampai saat ini tetap mendatangkan bahan dan bumbunya langsung dari Ranah Minang. Untuk mempertahankan cita rasa makanannya yang khas, biasanya kokinya juga langsung didatangkan dari Sumatera Barat atau setidaknya mereka meminta bantuan sesama orang Sumatera Barat untuk menjaga kualitas masakan.
Daftar rumah makan Masakan Padang di kota Padang:
Rumah Makan Anis
Jl. Jenderal Sudirman
Rumah Makan Si Midun
Jl. Veteran
RM. Karya Indah Jaya
Jl. Niaga No. 138
Rumah Makan
Jl. Kelok Kuranji RT 01/03 Kuranji
Restoran Selamat
Jl. Pasar Raya No. 7
RM. M. Yamin
Jl. M. Yamin No. 46
RM. Simpang Raya
Jl. Bagindo Aziz Chan No. 24
Rumah Makan Nasi Kapau
Jl. Hamka 23-A Padang 25171

Rumah Makan Padi Rimbun
Jl. Andalas Raya 9-A Padang 25126

Rumah Makan Pak Datuk
Jl. Sutan Syahrir 197 Padang 27118

Tips
  • Menu pilihan yang tepat bagi vegetarian adalah tempe atau tahu yang disajikan dengan sambal. Telur juga menjadi salah satu menu utama Masakan Padang.
  • Masakan Padang menyajikan menu-menu yang tidak biasa, seperti hati, paru-paru dan otak ayam. Maka apabila Anda kurang nyaman menyantap menu tersebut, Anda bisa bertanya pada pelayan untuk memastikan mana saja menu makanan yang Anda sukai atau Anda hindari.

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Masakan Padang: Kenikmatan Cita Rasa yang Berempah
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Masakan Padang: Kenikmatan Cita Rasa yang Berempah


About the Author

Posted by Unknown on Senin, Juni 04, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Senin, Juni 04, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Masakan Padang: Kenikmatan Cita Rasa yang Berempah"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter