Headlines
Published On:Kamis, 14 Juni 2012
Posted by Unknown

Alek Nagari

dsc_0320x“Elok Nagari dek Penghulu. Rancak Tapian dek nan Mudo. Sumarak Rumah Gadang dek Bundo Kanduang”. Ini kalimat tuah yang menjadi semangat anak nagari Situjuah Goadang, dan sudah tentu juga nagari-nagai lain di Ranah Minang.
Hari itu Nagari Situjuah Godang sungguh ramai dari biaso. Sabtu 24 Pebruari 2007, atau tanggal 6 bulan Safar 1428 H, anak nagari Situjuah Godang baralek gadang malewakan Datuk. Alek sebenarnya sudah dimulai sejak hari Jumat, tanggal 23 Pebruari 2007 dan selesai tanggal 25 Februari 2007.

talempongg05a01bc011 

Duapuluah urang secara bersama di lewakan di Balai Adat Kanagarian Situjuah Godang. Ninik mamak, kemenakan, bundo kanduang, tumplek blek maarak calon Datuk dari Masajik di Padang Kuniang ke Balai Adat di Situjuah Godang.
Selama prosesi di Balai Adat, patatah petitih yang berisi kata petuah disampaikan bak gayung besambut, sampai akhirnya dilaksanakan sumpah untuk para kandidat Datuk.

dsc_0401 

Ada satu kalimat yang kuingat, jika Datuk melanggar sumpah dia akan termakan sumpah sehingga “….kabawah indak baurek, ka ateh indak bapucuak, ditengah-tengah digirk kumbang….”.
Hiii…. ngeri kali tu sumpah Datuk. Jika melanggar, ke bawah tidak berakar, ketas tak berpucuk, ditengah di gerogoti oleh kumbang……. Apa nggak ngeri tu sumpah…. Mau jadi apa si Datuk jika sudah melanggar sumpahnya….??!!
Pertanyaannya, jaman sekarang apa masih ada kejadian Datuk yang termakan sumpah karena ingkar dari sumpah yang diucapkan pada saat dilewakan…?? Akan bagus sekali jika ada dun sanak yang bisa bebagi cerita tentang Datuk yang termakan sumpah ini…..


Sumber  :    http://makitam.wordpress.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Alek Nagari
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Alek Nagari


About the Author

Posted by Unknown on Kamis, Juni 14, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Kamis, Juni 14, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter