Headlines
Published On:Jumat, 20 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Irwan-MK Bangga memakai Tenunan Kubang

Padang (23 Juni 2010) – “Kami bangga memakai Tenunan Kubang”, ungkap Prof. Dr. H. Irwan Prayitno Datuak Rajo Bandaro Basa dan Drs. H. Muslim Kasim, Ak. MM. Datuak Sinaro Basa disela-sela acara Debat Kandidat Cagub dan Cawagub Sumatera Barat yang diadakan di Pangeran Beach Hotel oleh Stasiun TV Swasta METRO TV, di Padang kemaren. Disela-sela kegiatan beliau dalam rangka kampanye ke daerah-daerah, beliau juga lebih suka menggunakan hasil kerajinan rakyat ini. Termasuk pada saat menghadiri Debat Kandidat Cagub Cawagub Sumbar di TV One beberapa waktu lalu.




Kebanggaan pasangan Cabug dan Cawagub Sumatera Barat ini sangat beralasan. “Produk-produk daerah kita sangat kaya akan nilai seni dan kreativitas, ungkap Muslim Kasim. Oleh sebab itu, hasil karya masyarakat daerah kita perlu dipromosikan dengan maksud untuk meningkatkan nilai tambah terutama meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Ekonomi kerakyatan yang merupakan salah satu program pasangan IRWAN-MK, akan terwujud dengan mengemas kerajinan masyarakat ini. “Oleh karenanya, kami bangga memakai baju hasil karya masyarakat kita di Nagari Kubang, Kabupaten 50 Kota”, ungkap mereka berbarengan.

Songket Kubang adalah salah satu kerajinan tangan tenunan yang masih bertahan di antara 3 tenunan yang masih ada di Sumatera Barat. Selain di kanagarian Kubang, masih ada di Kanagarian Silungkang, Sawahlunto dan Kanagarian Pandai Sikek, Tanah Datar.

Meski sangat dibutuhkan, tapi para pengrajin tenunan ini masih dihadapkan pada kendala-kendala. Kendala yang saat ini dirasakan pengrajin adalah sulitnya mencari bahan benang untuk meningkatkan produksi dan kaderisasi pengrajin yang sangat langka karena pengaruh perkembangan saat ini.

Regenerasi budaya bertenun yang saat ini hanya dikuasai oleh orang-orang berusia lanjut dengan umur 50-75 tahun. Selain minat generasi muda yang kurang, banyaknya penuda-pemudi nagari tersebut yang merantau atau menimba ilmu ke luar daerah menjadi salah satu kendala untuk mengembangkan kerajinan ini dimasa yang akan datang. Rencananya, Tim Irwan-MK akan mengunjungi daerah ini sebagai wujud kecintaan beliau terhadap kerajinan rakyat, sebagai salah satu penopang ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat.

source : portal.irwan-mk.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Irwan-MK Bangga memakai Tenunan Kubang
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Irwan-MK Bangga memakai Tenunan Kubang


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Jumat, Januari 20, 2012. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Irwan-MK Bangga memakai Tenunan Kubang"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter