Headlines
Published On:Sabtu, 21 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Ibu Hajjah dan Penenun Kain (1920an)


Halo semua!
Sudah hampir 4 bulan sejak posting terakhir ya. Tepatnya pada awal Ramadhan lalu. Karena sesuatu dan hal --klise(!)-- maka baru sekarang bisa nulis lagi. Buat yang tetap berkunjung dan mengirimkan komentarnya selama blog ini vakum ambo ucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya...

Baik, kita sudah melewati 2 hari raya sejak posting terakhir yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Hari-hari ini adalah hari-hari kepulangan jemaah haji dari menunaikan rukun Islam ke-lima di Makkah. Saya masih mencari-cari dokumentasi tentang 'kehebohan' prosesi keberangkatan dan kepulangan jemaah haji jaman kolonial di Ranah Minang, namun belum ketemu sampai sekarang. Kalau ada pembaca yang punya bolehlah di-share disini buat kita nikmati rame-rame..:)

Akhirnya saya memutuskan untuk mengunggah sebuah foto dari tahun 1920-an koleksi dari Tropen Museum. Foto ini masih sedikit berkaitan dengan tema kita kali ini yaitu haji, namun dengan sedikit pernak-pernik lain.

Dalam foto terlihat seorang ibu yang dalam keterangan foto tertulis sebagai 'seseorang yang telah pulang dari perjalanan suci ke Makkah' sedang mengawasi seorang wanita yang sedang menenun kain. Tidak disebutkan lokasi spesifik pengambilan foto, tapi hanya ditulis di dataran tinggi jantung Minangkabau. Juga disebutkan bahwa berbeda dengan seabad sebelumnya, kain tenunan sudah kalah bersaing dengan katun impor yang harganya lebih murah.

Pose dalam foto tersebut kelihatannya sudah di-setting. Terlihat dari pakaian wanita penenun yang berpakaian rapi seperti mau pergi ke undangan perkawinan saja layaknya. Perhatikan sepatunya yang ber-hak tinggi dan berbunga-bunga. (Saya yakin kalau fotonya berwarna kemungkinan besar warnanya merah :)). Rasanya terlalu bagus untuk orang yang sedang menenun kain di halaman rumah.

Yang juga menarik adalah pakaian bu hajjah. Didalam jilbabnya terdapat lapisan keras sehingga bagian atasnya berbentuk persegi. Dagunya juga tertutup sampai hampir mencapai bibir. Sepintas terlhat mirip dengan pakaian biarawati. Bu hajjah juga berpakaian bagus, memakai gelang emas besar di tangan kanannya. Tapi apakah memang seperti ini pakaian hajjah sehari-hari pada masa itu atau hanya untuk kesempatan tertentu saja --berfoto misalnya?

Kesimpulannya apa mas bro? Kesimpulan pribadi saya, dua wanita ini berkerabat -kemungkinan ibu dan anak, melihat kemiripan wajah keduanya. Si ibu hajjah kemungkinan adalah juragan songket di --lagi-lagi kemungkinan-- Pandai Sikek, dekat kota Bukittinggi. Hal ini karena didalam keterangan foto juga mencantumkan bahwa disamping tenunan, juga diproduksi bordiran dan punya pasar sendiri. Tenun dan bordir serta pasar yang dekat (Bukittinggi), di dataran tinggi pula, kemungkinan besar menunjuk ke Pandai Sikek. Bahkan sampai sekarang nagari Pandai Sikek terkenal dengan tenunannya yang khas.

Terus, tahunya soal ibu dan anak selain soal kemiripan? Sederhana saja, kalau foto sudah di-setting sedemikian rupa untuk seorang juragan kain tenun (di zaman foto belum lazim untuk pribumi), siapa lagi yang pantas untuk diajak berfoto selain anak sendiri? :) 
Sumber   : http://minanglamo.blogspot.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Ibu Hajjah dan Penenun Kain (1920an)
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Ibu Hajjah dan Penenun Kain (1920an)


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Sabtu, Januari 21, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Ibu Hajjah dan Penenun Kain (1920an)"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter