Headlines
Published On:Rabu, 04 Januari 2012
Posted by AchiyaK Deni

Dendeng Batokok


dendeng batokok1 300x225 Dendeng BatokokDendeng Batokok, yak dilihat dari namanya mungkin masih ada beberapa orang yang tidak tahu mengenai kuliner yang satu ini. Kuliner asli ranah Minang ini cukup unik. Batokok berasal dari kata ‘tokok’ alias dipukul. Daging sapi pilihan ini memang dipukul-pukul terlebih dahulu sehingga menjadikannya lebih tipis dan empuk.
Daging sapi direndam dalam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk nipis, kunyit, lengkuas, jahe, dan garam. Semua bumbu dan rempah itu dihaluskan, lalu ditambah asam jawa yang dilarutkan dalam air. Daging sapi yang sudah direndam tadi, kemudian diiris tipis dan di tokok alias dipipihkan agar serat dagingnya terpisah.
Saat menokok inilah bumbu pun ikut meresap ke dalam serat-serat dagingnya. Lembaran daging yang sudah dipipihkan kemudian dibakar diatas arang tempurung kelapa hingga matang. Nah, daging yang sudah matang tadi diberi lado mudo (cabai hijau yang masih muda), bawang merah, perasan jeruk nipis, dan garam yang sudah ditumbuk kasar. Sehingga masihtampak berupa lembaran cabai yang masih kasar di bagian atasnya.
Dendeng Batokok ini banyak sekali penggemarnya. Meskipun begitu, di Jakarta tidak semua rumah makan Padang menyediakan menu spesial ini.  Dendeng Batokok ini rasanya pas disantap untuk mengawali minggu ini. Rasa gurih-gurih pedas si daging bisa bikin Anda berkeringat di cuaca yang sedikit mendung ini.
sumber: detikfood

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Dendeng Batokok
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Dendeng Batokok


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Rabu, Januari 04, 2012. Filed under , , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter