Headlines
Published On:Rabu, 09 Februari 2011
Posted by Unknown

Keunikan Alat Musik Tiup Bansi Dan Saluang Dari Minangkabau






Keinginan untuk mengetahui kekayaan peninggalan zaman dulu memang takpernah berhenti sejak saya mengetahui bahwa Indonesia dipenuhi dengan corak bdaya dan adat yang berbeda. Setelah mengetahui alat tradisional sunda, jawa, dan bali saya tertarik untuk mempelajari alat musik tiup yang berasal dari tanah andalas yaitu Padang (Minangkabau).

Disana ada alat musik tiup yang mungkin bagi masyarakat sana sudah tak asing lagi yaitu Saluang dan Bansi. Sebetulnya kalau boleh saya ambil kesimpulan, asal nama saluang itu mungkin dari suling, tetapi beda tempat dan pelafalan sehingga berubah menjadi saluang. Akan tetapi, untuk bansi sendiri entah dari mana nama itu berasal.

Ketertarikan saya tentang kedua alat musik itu tidak berhenti sampai disana. Kebetulan Icha ayahnya sering bolak balik padang jakarta jadi saya coba memesan saluang dan bansi tersebutlangsung dari sana.

Dengan sarana penitipan kilat akhirnya seminggu menunggu datanglah saluang dan bansi itudi tempat, senangnya. Setelah diteliti lebih dalam ada ke uinikan dari kedua alat tersebut.

Rata PenuhSaluang

*Bentuknya panjang dan memiliki 4 lubang untuk nada

*Lubang untuk meniupnya polosalis plong.. (berbeda dengan suling yang ada biasanya)

*Cara mainnya yang sulit karena suaranya tidak boleh putus (pernafasan hidung)

Bansi

*Bentuknya Pendek dan memiliki 7 lubang

*Bansi dapat memainkan lagu-lagu tradisional maupun modern karena memiliki nada standar

Setelah tahu bentuknya lalu saya coba untuk belajar bansi terlebih dahulu karena mudah, saya bawakan musik bansi yang ada dalam tari pasambahan, dan alhamdulillah lumayan mudah. Untuk saluang, sampai saat ini masih belajar dengan keras karena saya anggap orang yang mahir di saluang berarti untuk alat musik tiuplainnya pasti mudah.

Saat ini saluang lah yang saya anggap mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dalam memainkannya. Hanya orang-orang yang mempunyai perasaan yang lembut dan menjiwai terhadap apa yang di bunyikannya.

Saya berharap anak muda indonesia mau memperdalam budaya indonesia. Saya bangga jadi orang Indonesia.

sumber : http://indramunawar.blogspot.com

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Keunikan Alat Musik Tiup Bansi Dan Saluang Dari Minangkabau
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Keunikan Alat Musik Tiup Bansi Dan Saluang Dari Minangkabau


About the Author

Posted by Unknown on Rabu, Februari 09, 2011. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on Rabu, Februari 09, 2011. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Keunikan Alat Musik Tiup Bansi Dan Saluang Dari Minangkabau"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter