Headlines
Published On:Kamis, 17 Februari 2011
Posted by AchiyaK Deni

Balai Kota Padang (Minang Saisuak )

suryadi-minang-saisuak-04-balai-kota-padang


BALAI KOTA PADANG dirancang oleh arsitek Belanda Thomas Karsten. Orang ini pernah merencanakan membangun kota-kota air di Kalimantan layaknya Amsterdam dan kota-kota Belanda lainnya, tapi rencana itu tidak kesampaian karena Indonesia keburu merdeka. Gambar ini adalah foto Balai kota Padang yang diambil tahun 1948. Rupanya cukup lama bangunan ini bertahan dengan bentuk aslinya. Dalam foto ini terlihat bahwa di sekitar Balai Kota Padang pada waktu itu masih belum banyak berdiri bangunan-bangunan lainnya.

 Sekarang bentuk fisik bangunan ini sudah banyak berubah, yang diakibatkan oleh amnesia sejarah dan euphoria kita yang tidak berkeruncingan terhadap ‘zaman kemajoean’ dan ‘modernisasi’. Syukurlah bahwa jalan lebar di depannya (sekarang: Jl. Imam Bonjol), dimana dulu pedati-pedati sarat muatan yang ditarik kerbau lokoh dengan genta mendayu-dayu lewat, kini masih bertahan. Juga Lapangan Imam Bonjol itu, semoga akan tetap bertahan lama. Saya membayangkan sebuah taman luas di sekitar Balai Kota kita itu, dimana para pejalan kaki dapat berlalu lalang leluasa, di sela kafe-kafe dan bangku-bangku tempat duduk yang tertata rapi di bawah rerindangan pohon-pohon hijau. Mungkin suasananya tak kalah dengan kota-kota turis di Eropa. Tapi…ah…maaf, saya bermimpi. Betapapun modernnya sebuah kota, jika penguasanya tega menghapus sejarahnya secara visual karena bangunan-bangunan kunonya diruntuhkan dengan alasan tukar guling, ‘peremajaan’, ‘janji-janji menggiurkan’ para pengembang (developer), dll., maka kota itu seperti gadis cantik-molek yang pemberang dan panabik suga: sebentar enak dipandang, tapi kemudian kita ingin cepat-cepat meninggalkannya.

Suryadi – Leiden, Belanda.  (Sumber foto: KITLV Leiden).
sumber : http://niadilova.blogdetik.com/

Klik Bintang Untuk Voting Anda
Rating: 4.5
Description: Balai Kota Padang (Minang Saisuak )
Reviewer: AchiyaK Deni
ItemReviewed: Balai Kota Padang (Minang Saisuak )


About the Author

Posted by AchiyaK Deni on Kamis, Februari 17, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By AchiyaK Deni on Kamis, Februari 17, 2011. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 comments for "Balai Kota Padang (Minang Saisuak )"

Posting Komentar
Latest Posts :

Hotel

Kuliner

Wisata

Artikel Lainnya » » More on this category » Artikel Lainnya » »

Musik

Tari

Ukiran

Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » » Artikel Lainnya » »

Top Post

Coment

Adat

Artikel Lainnya»

Budaya

Artikel Lainnya »

Sejarah

Artikel Lainnya »

Tradisi

Artikel Lainnya »

Di Likee "Yaaa.." Kalau Postingan Di sini Sangat Bermanfaat Dan Membantu bagi Anda ..

VISITORNEW POST
PageRank Checker pingoat_13.gif pagerank searchengine optimization Search Engine Genie Promotion Widget ip free counter